18.6 C
New York
Friday, September 27, 2024

Hari Ini KPU Lantik 5.74 Juta Petugas KPPS di Seluruh Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik 5.741.127 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh Indonesia. Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, pelantikan ini dilaksanakan di 71.000 lokasi.

“Anggota KPPS yang dilantik sebanyak 5.741.127 orang di seluruh Indonesia dan pelantikan pada hari ini diselenggarakan di 71.000 tempat,” kata Hasyim, seperti dikutip Detikcom, Kamis (25/1/24).

Hasyim menambahkan bahwa dalam kesempatan ini, KPU juga memberikan bimbingan teknis pelatihan kepada anggota KPPS.

Baca Juga: Sortir dan Lipat, Sebanyak 28.654 Surat Suara di Sumut Rusak

Dalam pelaksanaan pemungutan suara nanti, tujuh anggota KPPS akan ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Setiap TPS akan dilaksanakan atau diawasi oleh tujuh anggota KPPS. Untuk Pemilu 2024, ketujuh anggota KPPS ini diikutsertakan dalam pelantikan. Ini berbeda dengan pemilu atau Pilkada sebelumnya, di mana hanya satu orang yang dilibatkan dalam bimbingan teknis,” ungkapnya.

Hasyim mengungkapkan, kalau pada Pemilu sebelumnya hanya ada satu anggota KPPS, pada tahun ini ada tujuh orang yang dilibatkan dalam pelantikan dan bimbingan teknis. Semua anggota KPPS yang bertugas mendapatkan pelatihan teknis.

Baca Juga: 12 Rumah Rusak, 69 Lainnya Terancam Akibat Longsor di Sukabumi

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS,” jelas Hasyim.

Selain itu, dengan melibatkan tujuh orang dalam pelatihan ini, menurut Hasyim, ada kesempatan bagi mereka untuk saling mengingatkan dan meningkatkan pemahaman serta kemampuan teknis dalam menyelenggarakan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. (Detik/hm22)

Related Articles

Latest Articles