18.1 C
New York
Friday, May 10, 2024

ASB Semai Keberagaman di Pemilu 2024 Lewat Pendidikan Politik Online

Medan, MISTAR.ID

Di tengah gejolak politik jelang Pemilu 2024, Aliansi Sumut Bersatu (ASB) menggelar Pendidikan Politik Online Seri Ketiga dengan tema, ‘Memaknai dan Merawat Keberagaman pada Pemilu 2024’.

Direktur ASB Ferry Wira Padang menekankan, keberagaman mesti dirawat dan jangan membiarkan urusan politik sampai merusak tali persaudaraan.

“Keberagaman adalah kekayaan, dan kita memiliki tanggung jawab bersama untuk merawatnya, terutama di masa Pemilu 2024 ini,” ujarnya membuka kegiatan secara daring, via aplikasi Zoom, Jumat (26/1/24).

Baca Juga: Pj Gubernur Sumut Ambisius Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2024

Kehadiran ASB dalam arena pendidikan politik ini memikat perhatian berbagai elemen masyarakat di Sumatera Utara. Pendidikan politik ini sukses membawa semangat dan inspirasi melalui tiga narasumber unggulan.

Wanri Lumbanraja, tokoh muda Parmalim dan akademisi, dengan penuh semangat mengajak masyarakat untuk tidak terbawa perasaan (baper) dalam merespons perbedaan pilihan politik, sebagai kunci untuk mencegah perpecahan.

Komisioner Komnas Perempuan Veryanto Sitohang menghadirkan energi positif dengan membahas Pemilu 2024 sebagai momentum penting untuk mewujudkan kedaulatan rakyat.

Ia juga membocorkan rahasia sukses melalui Kampanye JITU (Jeli, Inisiatif, Toleran, dan Ukur) yang dikembangkan oleh Komnas Perempuan sebagai panduan bijak menjaga keberagaman di Indonesia.

Sementara itu, Rellys Yanti selaku Komisioner KPU Kabupaten Deli Serdang, para peserta dengan ajakan menyuarakan hak pilih pada Pemilu 2024.

“Pilihlah pemimpin yang dapat membawa kesejahteraan bagi kita semua,” serunya dengan semangat juang.

Baca Juga: Pengawas di 681 TPS se Sumut Belum Terisi, Hasil Evaluasi Bawaslu Sebut Kendala SDM

Moderator Hery Saputra, staf ASB, menjalankan tugasnya dengan cekatan, mengarahkan diskusi yang dihadiri oleh perwakilan kelompok anak muda, perempuan, dan organisasi keagamaan.

Ferry menambahkan, ASB memberikan penekanan kuat bahwa pendidikan politik bukan sekadar wacana, tapi merupakan langkah nyata untuk memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024 yang semakin dekat.

“Kami akan terus getol mengajak masyarakat menjaga keberagaman kita, karena itu adalah lem perekat yang mempersatukan bangsa ini,” pungkas Ferry. (Hutajulu/hm22)

Related Articles

Latest Articles