16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

600 Orang Mendaftar untuk PPK Pilkada 2024 ke KPU Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Kini, tahapan pun akan memasuki tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Komisioner KPU Kabupaten Simalungun Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Martua Hutapea, menyampaikan bahwa untuk PPK sendiri pendafta berjumlah kurang lebih sebanyak 600 orang.

“Informasinya sudah sekitar 600-an lebih pendaftar. Itu lah informasi untuk jumlahnya,” ungkap Martua Hutapea, Senin (29/4/24).

Dikatakannya, sesuai dengan jadwal atau pun tahapan, setelah pembukaan untuk pendaftaran akan ada ujian tes CAT. Teruntuk pembukaan pendaftaran PPS akan menyusul setelah PPK.

“Ini masih berlangsung tahapan perekrutan PPK, sudah masuk itu nanti pendaftaran PPS. Yang 600 lebih pendaftar ini untuk PPK saja. Kalau untuk PPS tanggal 2 baru buka pendaftaran,” ungkapnya.

Baca Juga : Pilkada 2024, KPU Sumut: Ada 8.921 Calon PPK yang Mendaftar

Ketua KPU Kabupaten Simalungun, Septian Johan Pradana mengatakan, dimasa pendaftaran PPK dan PPS pihaknya pun membutuhkan lebih dari kebutuhan. “Untuk pendaftaran dibuka dengan jumlah dua kali kebutuhan,” ujar Septian Johan seraya katakan ada seleksi terhadap para pendaftar PPK dan juga PPS.

Adapun jadwal pendaftaran untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berlangsung sejak Selasa 23 April 2024. Sementara untuk proses perekrutan berlangsung hingga 16 Mei 2024 dengan 12 tahapan yang ditetapkan KPU.

Perekrutan 160 PPK dilakukan sebagai salah satu persiapan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang. KPU Simalungun akan merekrut 1.239 Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk PPK, setiap kecamatan yang ada di Simalungun akan memiliki 5 anggota PPK dengan rumus perhitungan dikali dengan 32 kecamatan. Selain itu, di setiap kelurahan dan desa akan ada 5 anggota PPS yang direkrut dengan jumlah 413 kelurahan dan desa.

Related Articles

Latest Articles