5.4 C
New York
Saturday, March 2, 2024

Tim Gabungan Telusuri Peretasan WA Butet Kartaredjasa

Yogyakarta, MISTAR.ID

Seniman Butet Kartaredjasa menginformasikan lewat akun media sosial (medsos), jika gawai dan aplikasi WhatsApp (WA) miliknya Tengah dilumpuhkan, pada Sabtu (9/12/23).

Minggu (10/12/23) siang, pria 60 tahun itu menuturkan, akun WA nya bisa kembali berfungsi usai dibantu oleh teman sampai tim kejahatan siber dari Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Butet menyatakan, semua dokumen yang sempat hilang saat akun WA nya diretas, secara perlahan mampu dipulihkan. “Dokumen-dokumen di dalamnya yang hilang digondol maling, secara bertahap juga pulang kembali,” jelasnya.

Baca juga:Situs Pemkab Simalungun Diretas, Hacker Sebut Kemananan Web Lemah

Dia juga berterima kasih terhadap semua pihak yang berjuang menghidupkan WA miliknya. Namun Butet tak mempersoalkan dalang kasus peretasan yang sempat menimpa akun WA nya.

Polda DIY menyatakan, mengerahkan tim gabungan untuk menanggapi keluhan Butet terkait dugaan peretasan tersebut.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Nugroho Arianto mengatakan, respons pihaknya merupakan salah satu tugas Kepolisian terhadap aduan masyarakat, termasuk yang disampaikan Butet.

Baca juga:WA Aktivis Medan Diduga Diretas Jelang Kedatangan Presiden, KontraS Sumut: Ini Bentuk Pembungkaman

Nugroho menyampaikan, tim gabungan akan menginvestigasi dugaan pelumpuhan akun WA itu. Menurutnya, Polda DIY mengerahkan tim gabungan yang terdiri dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus).

“Hasilnya, diketahui nomor WA itu terhubung dengan perangkat (device) lain.
Peristiwa ini adalah akses ilegal terhadap aplikasi WA pada ponsel pak Butet yang dapat disalahgunakan,” ujar Nugroho, seraya menuturkan, pihaknya akan menindaklanjuti permasalahan ini hingga tuntas. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles