13.7 C
New York
Sunday, October 20, 2024

Pidato Perdana Presiden Prabowo Subianto

Jakarta, MISTAR.ID

Pidato Perdana Presiden Prabowo Subianto membahas dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Prabowo telah dilantik di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Minggu (20/10/2024).

“Kita harus solider, kita harus membela rakyat-rakyat yang tertindas di dunia. Karena itu, kita mendukung kemerdekaan rakyat Palestina,” ujar Prabowo di hadapan anggota parlemen dan tamu negara, seperti dilansir dari detik.

Prabowo mengungkapkan bahwa empati Indonesia terhadap Palestina berakar dari pengalaman sejarah negara ini yang pernah dijajah, ditindas, dan mengalami diskriminasi rasial. Ia menyebutkan bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah mengirim banyak bantuan ke Palestina, termasuk bantuan medis di Gaza dan Rafah.

“Kita punya tim medis di Gaza, di Rafah. Dengan risiko sangat tinggi, dokter-dokter kita, perawat-perawat kita, sudah bekerja sama di Rafah, di Gaza, bersama saudara-saudara kita dari Uni Emirate Arab,” jelasnya.

Baca juga: Prabowo Subianto Sambut Para Tamu Kehormatan

Prabowo menegaskan bahwa bantuan Indonesia untuk Palestina tidak akan berhenti. Ia juga menjanjikan akan mengambil langkah lebih lanjut untuk membantu korban yang menderita akibat konflik di Palestina.

“Kita pun siap untuk mengirim bantuan yang lebih banyak, dan kita siap untuk mengevakuasi mereka-mereka yang luka dan anak-anak yang trauma. Kita siapkan rumah sakit tentara kita untuk membantu saudara-saudara yang menjadi korban ketidakadilan,” tambah Prabowo.

Dalam sidang paripurna MPR tersebut, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Sidang ini dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani dan dihadiri oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo serta Wakil Presiden ke-13 RI Ma’ruf Amin. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles