12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Peringatan Proklamasi RI, Megawati dan SBY Diundang ke IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan bahwa seluruh presiden  Republik Indonesia terdahulu, termasuk Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pasti diundang mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

“Untuk mantan presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden,” ujar Pratikno dalam konferensi pers terkait dengan bulan kemerdekaan di Jakarta, Kamis (1/8/24).

Ia juga mengatakan bahwa pihak Istana terbuka apabila ada hal-hal menyulitkan para presiden terdahulu sehingga tidak bisa hadir di IKN. Apabila berhalangan ke IKN, bisa juga hadir mengikuti pelaksanaan upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga: Mulai Berkantor di IKN, Presiden Jokowi Tak Tidur Nyenyak

“Jadi, sementara rencananya begitu,” ujarnya dengan menekankan bahwa semua wakil presiden sebelumnya diundang pada upacara di Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menambahkan bahwa sampai saat ini undangan kepada presiden dan wakil presiden terdahulu masih dalam proses. Diperkirakan siap minggu depan.

Pemberitaan sebelumnya, Mensesneg Pratikno mengatakan bahwa rangkaian bulan kemerdekaan Agustus 2024 akan dibuka dengan pelaksanaan zikir dan doa kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, dan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, ulama, dan pemimpin agama serta diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles