23.9 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Pekan Depan, Ribuan Karyawan Ponsel Akan Mogok Kerja

Jakarta, MISTAR.ID

Serikat pekerja Samsung pekan depan bakal menempuh langkah ekstrim agar tuntutan kenaikan upah mereka dikabulkan perusahaan. Para pekerja bakal melakukan mogok kerja selama seharian penuh.

The National Samsung Electronics Union( NSEU), yang memiliki total 28 ribu anggota atau seperlima dari total karyawan Samsung, mengatakan mogok kerja selama seharian pada 7 Juni mendatang. Hal tersebut diumumkan oleh petinggi serikat pekerja dalam konferensi pers secara daring.

“Kami tidak bisa lagi mentoleransi penindasan pekerja, khususnya penindasan terhadap serikat pekerja,” tulis banner dalam konferensi pers tersebut, dilansir dari Reuters, Rabu (29/5/24).

Baca juga : Ribuan Pekerja Kembali ke Pabrik iPhone di China

Jika para anggota serikat pekerja secara kolektif jadi mengambil cuti minggu depan, aksi mogok kerja bakal menjadi yang pertama dalam sejarah perusahaan pembuat chip handphone terbesar di dunia itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, berbagai pekerja terlibat dalam protes yang dilakukan di depan kantor perusahaan di Seoul, ibu kota Korea Selatan, serta di luar pabrik produksi Samsung di Hwaseong, yang terletak di bagian selatan Seoul.

Demonstrasi dilakukan sebagai respon atas keputusan perusahaan yang hanya menaikkan gaji pekerja 5,1%. Menurut serikat pekerja, hal ini tidak cukup. Mereka menginginkan perusahaan memberi tambahan hari cuti tahunan serta bonus berbasis kinerja yang transparan.

Related Articles

Latest Articles