17.3 C
New York
Thursday, August 22, 2024

Bandara Bali Pasang 3 Thermal Scanner untuk Deteksi Awal Virus Mpox

Denpasar, MISTAR.ID

Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, memasang sebanyak tiga unit thermal scanner yang ditempatkan di Terminal Kedatangan Internasional.

Thermal scanner ini untuk mendeteksi virus Mpox atau cacar monyet yang kini menjadi perhatian banyak pihak termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan mengatakan pemasangan thermal scanner di fokuskan di area kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai saja.

“Saat ini, terdapat tiga unit thermal scanner yang ditempatkan pada area kedatangan internasional yang menjadi titik fokus pencegahan penyebaran Mpox,” kata Handy, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/8) malam yang dilansir.

Baca juga: WHO Rekomendasi Vaksin Terarah Atasi Mpox

Tak sampai disitu saja, saat ini pihak bandara terus berkoordinasi intensif dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar. “Hal ini demi pencegahan penyebaran Mpox di Pulau Bali,” bebernya.

Dikatakannya, seandainya ada penumpang yang terindikasi terjangkit Mpox, maka petugas bandara akan menyerahkan kepada pihak BBKK Denpasar untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Penumpang yang terindikasi akan diisolasi terlebih dahulu di ruang klinik BBKK Terminal Internasional, sebelum diperiksa lebih lanjut ke rumah sakit rujukan,” sebutnya.

Sejauh ini, kata dia, belum ada penumpang yang terdeteksi terjangkit Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: 88 Kasus Mpox Terkonfirmasi di Indonesia

Seperti diketahui, WHO resmi menetapkan wabah mpox berstatus ancaman darurat kesehatan masyarakat yang menjadi Perhatian Internasional (PHEIC). Kasus Mpox telah ditemukan di 13 negara Afrika.

Di Indonesia sendiri dilaporkan sebanyak 88 kasus konfirmasi Mpox sejak 2023-2024. Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Yudhi Pramono mengatakan kasus Mpox terakhir dilaporkan pada minggu ke-23 tahun 2024.

Kasus Mpox tersebar di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles