17.5 C
New York
Thursday, September 5, 2024

Songsong Adipura Kencana, Pemko Medan Terus Berbenah

Medan, MISTAR.ID

Setelah berhasil meraih piala Adipura di tahun 2023, Kota Medan semakin optimis dapat kembali meraih Adipura di tahun 2024 ini. Untuk itu seluruh jajaran Pemko Medan terus berbenah mempersiapkan diri jelang penilaian Adipura 2024.

Hal itu terungkap dalam rapat Persiapan Penilaian Adipura Kota Medan Tahun 2024 yang dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan M Sofyan di Balai Kota, Kamis (5/9/24).

Sofyan menyampaikan, di tahun 2023 Kota Medan berhasil meraih piala Adipura, lalu di tahun 2022 Kota Medan kembali menoreh prestasi dengan meraih sertifikat Adipura.

“Dari prestasi yang sudah kita raih selama dua tahun berturut-turut itu, kita optimis di tahun 2024 ini Kota Medan akan kembali meraih Adipura,” katanya.

Baca juga: Dewan Sambut Baik Pemko Medan Ambil Alih Pengelolaan Trans Metro Deli

Sofyan menambahkan, penilaian Adipura tahun 2024 ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana untuk tahun 2024 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI hanya melakukan penilaian satu kali.

“Untuk itu, seluruh jajaran Perangkat Daerah khususnya yang ada di kewilayahan agar mempersiapkan dengan sebaiknya titik-titik pantau yang akan menjadi objek penilaian. Sebelum tim penilai datang, kita sudah harus mempersiapkan titik pantau yang akan dikunjungi, menurut saya ini sangat penting dipersiapkan karena tim penilai hanya datang satu kali,” ucapnya.

Dikatakan Sofyan, Adipura layaknya sebuah kompetisi. Artinya untuk menghadapi sebuah kompetisi harus memiliki strategi agar meraih hasil yang maksimal.

Baca juga: Pemko Medan Sosialisasikan Satu Data Indonesia ke Aparatur Kelurahan Cantik

“Strategi kita sangat berperan dalam menentukan menang atau kalah dalam sebuah kompetisi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan, M Husni menuturkan perlunya kolaborasi bersama seluruh Perangkat Daerah Pemko Medan untuk dapat mempertahankan penghargaan Adipura seperti tahun sebelumnya.

“Apabila kita dapat meraih Adipura tiga kali berturut-turut maka kita akan mendapatkan Adipura Kencana. Oleh karena itu mari kita berupaya semaksimal mungkin,” katanya. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles