13.1 C
New York
Saturday, May 4, 2024

PT KAI Drive I Sumut Operasikan 16 KA Selama Nataru

Medan, MISTAR.ID

Pada masa angkutan Nataru PT KAI Divre I Sumatera Utara (Sumut) mengoperasikan 16 Kereta Api (KA) selama Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dengan rincian, 12 KA Jarak Jauh dan 4 KA Lokal. Masa angkutan selama 18 hari, sejak 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

Untuk KA Jarak Jauh meliputi KA Sribilah Utama (Medan-Rantauprapat PP) 6 KA, Putri Deli (Medan-Tanjung Balai PP) 6 KA. Sedangkan KA yang beroperasi lokal yakni KA Siantar Ekspress (Medan-Siantar PP) 4 KA

Dari sisi sarana, Manager Humas Divre I SU, Anwar Solikhin, mengatakan PT KAI Divre I SU telah menyiapkan 71 armada kereta siap guna setiap harinya dan armada lokomotif sebanyak 31 lokomotif setiap hari.

“Dukungan kesiapan sisi jalur rel kereta api juga tidak kalah penting. Kami telah membuat pemetaan area-area yang butuh perhatian khusus. Setidaknya, ada 9 titik yang terbagi. Diantaranya 2 titik rawan longsor, 6 titik rawan banjir dan 1 titik rawan ambles,” jelasnya pada mistar.id, Jumat (29/12/23).

Baca juga: Libur Nataru, Stasiun Kereta Api Siantar Dipadati Penumpang

Dilanjutkannya, dari segi petugas, PT KAI Drive I juga menambah petugas. Ada sebanyak 42 PJL ekstra, 9 penjaga di daerah perlu perhatian khusus dan 2 petugas pemeriksa jalur ekstra.

“Sudah ada 230 personel yang disiagakan. Terdiri dari 195 dari internal Divre I SU (75 Polsuska, 120 PKD/security) dan 35 personel eksternal (Pabin, Babin, Polri dan TNI),” tambahnya.

Untuk alat material sudah disiagakan berupa batu balast, bantalan, rel, pasir, dan lainnya di 13 titik. Kemudian, PT KAI Divre I mengimbau kepada seluruh masyarakat di Sumut agar berhati-hati saat melewati perlintasan sebidang pada masa angkutan Nataru.

“Ada kereta api tambahan yang dioperasikan, sehingga intensitas KA melintas akan bertambah dari jadwal biasanya,” tungkas Anwar.

Sementara untuk perlintasan sebidang, Divre I SU total memiliki 448 perlintasan sebidang. Pembagiannya adalah 111 perlintasan resmi dan dijaga, 337 perlintasan tidak resmi. Sedangkan untuk perlintasan tidak sebidang terdapat 17 flyover dan 18 underpass. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles