22.6 C
New York
Monday, July 1, 2024

Maksimalkan CC Rooms ITS, Dishub Medan Libatkan OPD Lain Serta TNI-Polri

Medan, MISTAR.ID

Untuk memaksimalkan fungsi kamera pemantau yang ada di CC Rooms Inteligent Transportasi System (ITS), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan dan TNI-Polri dalam memantau semua kamera yang terpasang di beberapa titik di Kota Medan.

Hal itu bertujuan agar jika terjadi kendala yang berhubungan dengan OPD terkait maupun TNI-Polri, permasalahan bisa segera diatasi.

“Jadi di dalam CC Rooms ITS juga ada operator yang bertugas terus memantau kamera yang terpasang. Mereka kita libatkan agar semua permasalahan yang muncul dan terekam kamera pemantau bisa langsung diatasi,” ujar Kadishub Medan, Iswar Lubis, Jumat (29/12/23).

Iswar mencontohkan, misalnya terjadi hujan lebat di Kota Medan, kamera akan merekam ketinggian air maupun sungai.

“Dengan adanya personil SDABMBK menjadi operator, permasalahan tentu bisa langsung dikordinasikan ke BPBD untuk segera ditangani. Begitu juga dengan petugas kita, bisa dengan cepat turun ke lokasi membantu untuk pengaturan lalu lintas,” ungkapnya.

Baca Juga : Diresmikan Wali Kota, Medan Kini Punya CC Rooms ITS Seperti Korsel

Dijelaskan Iswar, kamera yang terpasang saat ini multifungsi, yakni bisa mengukur suhu udara, prediksi cuaca sesuai BMKG dan dapat diputar untuk memantau debit air di sungai.

“Ini kita lakukan sesuai arahan Pak Wali agar Kota Medan menjadi Smart City. Kamera ini juga bisa merekam pelanggaran lalu lintas, sehingga pihak kepolisian kita libatkan juga di operator,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan CC Rooms ITS Dishub Medan di Jalan Pulau Pinang, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Rabu (27/12/23) kemarin.

Dalam arahannya, orang nomor satu di Pemko Medan ini meminta Bappeda Kota Medan agar terus mematangkan rencana pembangunan guna menjadikan Kota Medan Smart City. “Kaji benar-benar dan pastikan pembangunan yang dilakukan nantinya bermanfaat untuk masyarakat luas,” pesannya. (rahmad/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles