19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Persiapkan Pimnas Ke-37, Unimed Gelar Workshop Penyusunan Proposal PKM

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 tahun 2024 mendatang, Universitas Negeri Medan melakukan Workshop Penyusunan Proposal PKM dan ToT Dosen Pendamping pada Selasa, (05/12/23). Dengan mengundang narasumber Prof. Dr.Ir. Ronny Rachman Noor (Guru Besar ITB).

Dalam laporan ketua panitia, Tri Andri Hutapea, mengatakan Kegiatan Workshop Penyusunan Proposal PKM dan Training of Trainer (ToT) Dosen Pendamping ini mengundang sebanyak 870 mahasiswa yang terdiri dari 730 perwakilan mahasiswa pengusul PKM 8 Bidang, 70 perwakilan dari mahasiswa pengusul PKM AI, dan 70 perwakilan mahasiswa pengusul PKM GFT, serta 360 Dosen yang mendampingi. Sekitar 50% dari jumlah mahasiswa yang diundang yang sudah mengumpulkan draft proposal PKM.

Kegiatan ini sebagai salah satu langkah awal evaluasi dan pendampingan proposal PKM mahasiswa Universitas Negeri Medan sebelum didaftarkan mengikuti kontestasi Program Kreativitas Mahasiswa pada Tahun 2024 melalui web simbelmawa Kemendikbud Ristekdikti sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan.

Baca juga; LPPM Unimed Adakan Peningkatan Kualitas Mutu Penelitian Dosen

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Prof. Dr. Marice, M.Hum. menyampaikan, “Kami pimpinan akan terus memberikan dukungan secara full kepada dosen dan mahasiswa, agar prestasi mahasiswa Unimed di event PIMNAS terus meningkat,”

Melalui komitmen, kata rektor, kesungguhan dan keseriusan dalam mendorong prestasi, akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk menciptakan mahasiswa yang berpikir kritis dan inovatif, baik dalam bidang akademik maupun berbagai kompetisi yang diikuti, khususnya PIMNAS.

“Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi bagi mahasiswa secara nasional. Program ini telah diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 2001 dan merupakan upaya untuk mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif di kalangan mahasiswa,” ujarnya saat itu.

PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi secara nasional, serta berkontribusi dalam pemeringkatan perguruan tinggi setiap tahunnya.

Baca juga: Mengurai Isu Rudapaksa, Ketua Satuan Tugas PPKS Unimed Bicara Pendidikan dan Ancaman Digital

“Perlu kita ketahui bahwa, peran dosen pembimbing PKM dalam mendukung lolosnya PKM mahasiswa yang berbasis di danai dan berhasil masuk PIMNAS sangatlah besar. Sehingga dosen pendamping juga harus mengetahui kiat dan sukses dalam memberikan pendampingan dalam mempersiapkan pelaksanaan penelitian dan produk yang diminta, serta mempersiapkan monev yang akan dilaksanakan oleh tim Dikti Ristek,” jelasnya pada guru pembimbing.

Rektor berharap dengan adanya kegiatan workshop ini dapat menambah kreativitas dan inovasi para peserta dan dosen pendamping nantinya.

“Diharapkan kegiatan kita ini dapat menambah wawasan dan skill, serta memberikan masukan yang konstruktif untuk membangun komitmen dalam peningkatan kreativitas, inovasi dan prestasi mahasiswa Unimed, untuk lolos proposal PKM yang didanai Dikti Ristek tahun depan,” akhirinya. (Dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles