9.6 C
New York
Monday, May 13, 2024

Disdukcapil dan PMI Buka Layanan IKD Serta Donor Darah di Peresmian RSUD Tuan Rondahaim

Simalungun, MISTAR.ID

Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Simalungun membuka pelayanan pada momen peresmian gedung baru RSUD Tuan Rondahaim, Pamatang Raya.

Disdukcapil membuka stan layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), sedangkan PMI menyediakan layanan donor darah bagi seluruh masyarakat yang hadir.

Sekretaris PMI Simalungun, Jon Rido mengatakan, sebanyak 37 orang datang untuk melakukan donor darah. Namun hanya 33 kantong yang berhasil dikumpulkan.

Baca juga: Kapolres Simalungun Ajak Masyarakat Manfaatkan Layanan dan Fasilitas RSUD Tuan Rondahaim

“Yang mendonor 37 orang, tetapi tidak semua. Ada 4 warga yang gagal donor. Darah yang diambil belum discreening,” katanya.

Jon memaparkan golongan darah yang berhasil dikumpulkan diantaranya, 12 kantong darah O, 15 kantong darah B, 5 kantong darah A, dan golongan darah AB 1 kantong.

Masyarakat serta pegawai saat mengikuti pelayanan donor darah oleh PMI Kabupaten Simalungun pada peresmian gedung baru RSUD Tuan Rondahaim. (f: Indra/Mistar)

“Yang gagal diambil ada 4 orang, golongan darah O dan B masing-masing 2 orang,” pungkasnya.

Sementara itu dari Disdukcapil berhasil mengaktifasi 33 IKD yang diikuti masyarakat pun pegawai di lingkungan Pemkab Simalungun.

Petugas Disdukcapil, Frendy Sisco Simbolon dan Eva Tresia Purba yang ditemui Mistar.id di lokasi mengatakan, pihaknya selalu melakukan pelayanan jemput bola dalam pelayanan aktifasi IKD pada setiap kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Simalungun.

Baca juga: Pj Gubsu Resmikan Gedung Baru RSUD Tuan Rondahaim, Ini Pesannya

Peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Pj Gubernur Sumut, Hassanudin dan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Rangkaian acara juga diisi dengan syukuran bersama masyarakat dan dihibur oleh sejumlah artis lokal Simalungun.

Sebelumnya, RSUD Tuan Rondahaim berdiri di Pamatang Raya, kemudian rumah sakit itu dipindahkan ke Batu Dua Puluh, Kecamatan Panei beberapa waktu lalu. Saat ini layanan medis telah dikembalikan ke lokasi semula di Komplek Perkantoran SKPD Pemkab Simalungun. (Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles