10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Dinkes Medan Deteksi Dini TBC Pada Penyandang Diabetes

Medan, MISTAR.ID

Guna mendeteksi dini penyakit Tuberculosis (TBC) pada masyarakat di Kota Medan. Dinas Kesehatan Kota Medan melalui Puskesmas melakukan foto rontgen bagi penyandang Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis secara gratis.

“Insya Allah 41 puskesmas di Kota Medan akan melakukan foto rontgen gratis ini. Dan, beberapa puskesmas sudah melakukannya. Perlu diketahui foto rontgen ini khusus pada penyandang Diabetes saja. Info bisa dilihat di sosial media kita,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Pocut Fatimah Fitri, Mars, Selasa (5/12/23).

Diungkapkan dr Pocut, penyandang diabetes memang harus di skrining TBC nya bila ditemukan positif maka akan segera diobati. “Makanya periksanya melalui rontgen tadi dan program ini dikhususkan untuk mereka yang memiliki riwayat Diabetes Melitus (DM) dan tentunya telah diinfokan ke mereka,” sebutnya

Baca juga: Tuntaskan TBC, Indonesia Tengah Siapkan Vaksin

Sehingga pada masyarakat umum terutama penyandang DM untuk melakukan pemeriksaan skrining TBC di puskesmas. Apalagi untuk pasien DM sudah memiliki jadwal di Puskesmas.

“Untuk kita harapkan bisa dimanfaatkan. Sebab kolaborasi DM dengan TBC ini lumayan besar persentasenya. Penyakit DM ini merupakan salah satu faktor risiko tersering pada TBC. Maka dengan melakukan skrining foto rontgen ini dapat mendeteksi dini penyakit TBC dan dengan sedini mungkin untuk diobati pula,” terangnya.

Selain itu, diharapkan dengan dilakukan skrining ini kedepannya Medan dan Sumatera Utara bisa eliminasi TBC di 2030 sesuai target dari pemerintah.

Adapun jadwal untuk foto rontgen gratis ini akan dilakukan di Puskesmas Desa Binjai pada 8 Desember nanti dan info selanjutnya bisa ditanya di lokasi. (Anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles