23.5 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Dinas PUPR Sumut Usahakan Jalan Provinsi Bisa Terus Dibenahi

Medan, MISTAR.ID

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus mengusahakan perbaikan jalan provinsi yang ada di Sumut.

Seperti diketahui akhir-akhir ini di sejumlah jalan di Sumut menjadi sorotan karena rusak ada di Desa Silakkidir, Andarasih dan perbatasan Mandoge, Kabupaten Simalungun.

Menanggapi hal itu, Kadis PUPR Sumut, Mulyono mengatakan Sumut memiliki jalan provinsi yang cukup panjang.

“Jalan provinsi di Sumut itu sepanjang 3.005,65 kilometer. Jadi lumayan panjang. Tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membuat jalan ini berada dalam kondisi mantap,” ujarnya kepada mistar.id, Jumat (7/6/24).

Baca juga: Dinas PUPR Sumut Segera Perbaiki Jalan Provinsi di Sumbul Dairi yang Terancam Putus

Mulyono mengatakan kondisi jalan berstatus mantap di Sumut hingga saat ini sudah 78 persen.

“Dari survei yang lalu, kondisi jalan yang mantap itu 78 persen. Kondisi yang mantap itu adalah kondisi yang sedang dan kondisi baik. Itu disebut dengan kondisi mantab,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan untuk memperbaiki jalan di Sumut memerlukan dana yang tidak sedikit. Mulyono mengatakan Dinas PUPR terus mengusahakan dana dari APBD dan APBN.

“Target kita akan terus meningkatkan kondisi jalan menjadi mantap. Kalau bicara perbaikan, kan perlu dana yang tidak sedikit. Jadi kami berusaha maksimal, selain dari APBD yang dialokasikan,” tuturnya.

Baca juga: Dinas PUPR Sumut Rehab Median Jalan Imam Bonjol Tebing Tinggi

“Kita juga sudah koordinasi dengan pusat untuk menggunakan dana APBN. Baik dari alokasi dana khusus, kemudian dari program inpres jalan daerah (IJD) atau program lainnya dari pusat untuk membantu pembangunan jalan provinsi. Kita akan usahakan secara maksimal, kita memikirkan juga keterlibatan pihak swasta untuk jalan provinsi,” pungkasnya. (Iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles