11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

BMKG Sebut Wilayah Sumut Tidak Diterjang Gelombang Panas

Medan, MISTAR.ID

Akhir-akhir ini dunia sedang dihebohkan dengan pemberitaan terkait dengan fenomena gelombang panas yang melanda wilayah Asia Tenggara hingga Asia Selatan.

Akibat gelombang panas tersebut, suhu cuaca sejumlah negara di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan meningkat drastis hingga nyaris menyentuh 50°C.

Melihat fenomena tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memastikan wilayah Indonesia khusus Sumatera Utara (Sumut) tidak terkena terjangan gelombang panas tersebut.

Baca juga : BMKG Prediksi 16-21 April 2024 Curah Hujan Meningkat

Hal tersebut diterangkan Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, kepada Mistar melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/5/24).

“Wilayah Indonesia tidak mengalami gelombang panas karena berada di wilayah ekuator dengan kondisi geografis kepulauan dan dikelilingi perairan yang luas. Begitu pula dengan wilayah Sumut yang diapit oleh Samudera Hindia Barat Sumatera dan Selat Malaka,” terangnya.

Dalam sepekan terakhir, dikatakan Hendro, suhu maksimum di Sumut berkisar antara 34–37℃, yaitu sedikit di atas normal klimatologi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Related Articles

Latest Articles