26.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Warga Israel Serbu Kompleks Al Aqsa untuk Rayakan Hari Shavuot

Palestina, MISTAR.ID

Masjid Al Aqsa diserbu ratusan warga Israel untuk memperingati hari raya Shavuot, Rabu (12/6/24). Shavout merupakan Hari Raya Yahudi yang jatuh pada hari ke-6 bulan Ibrani Sivan. Hari raya ini untuk memperingati Waktu Allah memberi Taurat ke Musa dan bangsa Israel di Gunung Sinai.

Pasukan Israel menutup jalan dekat Gerbang Damaskus yang menjadi pintu Utama ke Kota Tua Yerusalem, seperti yang disampaikan Media Palestina, Wafa. Pasukan Israel juga menghentikan beberapa jemaah muslim ke situs suci tersebut. Padahal, berdasarkan perjanjian ritual non Muslim dilarang digelar di Masjid Al Aqsa.

Peringatan Shavuot digelar usai ratusan warga Israel memperingati keberhasilan Negeri Zionis merebut Yerusalem atau disebut Hari Yerusalem pada pekan lalu. Pawai diwarnai kekerasan terhadap orang Palestina dan penyerangan ke toko-toko.

Baca Juga : AS Umumkan Bantuan Terbaru Rp6,5 Triliun Bagi Palestina

Dalam beberapa tahun terakhir, pawai bendera di Yerusalem memang memicu kekerasan. Komunitas internasional sampai-sampai menyerukan Israel mengubah rute untuk menghindari konflik.

Peringatan Shavuot terjadi saat Israel masih melancarkan agresi ke Gaza. Imbas operasi mereka, lebih dari 37.000 orang di Palestina meninggal dunia. (cnn/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles