23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Raja Charles III Resmi Dinobatkan Jadi Raja Inggris

Jakarta, MISTAR.ID

Raja Charles III resmi dinobatkan menjadi Raja Inggris pada Sabtu (6/5/23). Raja Charles menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth yang meninggal dunia pada September tahun lalu.

Dilansir dari BBC, di usia 74 tahun, Charles menjadi raja Inggris tertua yang mengenakan Mahkota St Edward berusia 360 tahun dalam upacara penobatan yang berlangsung di Westminster Abbey, London.

Dia menjadi penguasa Kerajaan Inggris ke-40 yang dimahkotai di Westminster Abbey sejak tahun 1066. Charles resmi dimahkotai oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby yang menempatkan Mahkota St Edward di kepalanya.

Baca Juga:Penobatan Raja Charles III Telan Biaya Rp1,8 Triliun

Uskup Agung Canterbury telah meminta Raja Charles untuk meneguhkan bahwa dia akan menegakkan hukum dan Gereja Inggris selama masa pemerintahannya, sebelum Raja meletakkan tangannya di atas Injil Suci dan mengambil Sumpah Penobatan – persyaratan hukum.

Momen penobatan sebenarnya adalah ketika Raja Charles mengenakan Mahkota St Edward untuk pertama kali dalam hidupnya. Nama mahkota itu berdasarkan versi yang jauh lebih awal yang dibuat untuk raja dan santo Anglo-Saxon, Edward the Confessor, dan disebut telah digunakan pada penobatan setelah tahun 1220 sampai Cromwell meleburnya.

Mahkota itu dibuat untuk Raja Charles II, yang menginginkan mahkota yang mirip dengan yang dikenakan oleh Edward tetapi lebih megah.(detik/bbc/hm15)

Related Articles

Latest Articles