26.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Empat Orang Tewas dalam Baku Tembak, Pemerintah India Buru Sejumlah Militan

Kashmir, MISTAR.ID

Pasukan di wilayah Jammu dan Kashmir di bawah pemerintahan India memburu sejumlah militan, Selasa (16/7/24), setelah beberapa tentaranya terluka parah dalam sebuah baku tembak yang sengit menyebabkna setidaknya empat orang tewas dalam peristiwa itu.

Wilayah Kashmir yang berpenduduk mayoritas muslim telah terbagi di antara India dan Pakistan sejak kemerdekaan kedua negara dari Inggris pada 1947. Wilayah yang disengketakan itu telah mengalami peningkatan serangan selama dua bulan terakhir.

Korps 16 Angkatan Darat India mengatakan, pasukan keamanan telah melancarkan operasi di distrik Doda, Senin (15/7/24) malam.

“Kontak dengan teroris terjadi… aksi baku tembak sengit pun menyusul,” ungkap kesatuan itu dalam sebuah pernyataan. “Laporan awal menunjukkan korban luka di antara prajurit kita yang pemberani.”

Baca Juga : 121 Orang Tewas saat Festival Keagamaan Hindu di India, 6 Orang Ditangkap

Pihak militer tidak memberi rincian lebih jauh mengenai korban dan tidak ada konfirmasi resmi mengenai korban jiwa. Akan tetapi, sebagian besar media India melaporkan bahwa lima tentara terluka “parah” dan kantor berita Press Trust of India (PTI) melaporkan pada Selasa bahwa empat di antaranya kemudian meninggal akibat luka yang diderita.

Angkatan Darat mengatakan, “pasukan tambahan” telah dikerahkan ke wilayah tersebut. “Operasi terus berlanjut,” tambahnya.

Bentrokan terjadi sehari setelah tentara India membunuh tiga tersangka militan di distrik Kupwara Kashmir, Minggu (15/7/24). India dan Pakistan sama-sama mengklaim wilayah Kashmir sepenuhnya milik masing-masing dan telah berperang dalam beberapa konflik untuk memperebutkan wilayah Himalaya itu. (voa/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles