16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Perdagangan Akhir Pekan, Sejumlah Harga Komoditas Mengalami Penurunan

Medan, MISTAR.ID

Pada perdagangan jelang akhir pekan, sejumlah harga kebutuhan masyarakat mengalami penurunan. Kebutuhan masyarakat yang turun ini meliputi cabai merah, bawang merah, kol, tomat dan ikan segar.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, harga cabai merah di tingkat pedagang besar ditransaksikan di kisaran Rp33.000 hingga Rp35.000 per Kg atau sekitar Rp38.000 hingga Rp44.000 per Kg nya di level pedagang pengecer.

“Harga bawang merah juga perlahan mengalami penurunan. Harganya sangat variatif tergantung dengan kualitas barangnya. Di beberapa pasar tradisional di Kota Medan, harga bawang merah dijual di harga Rp40 ribu per Kg dari posisi sebelumnya Rp45 ribu per Kg. Varian bawang merah lainnya juga sama, mengalami penurunan sekitar Rp5 ribu per Kg nya,” ujar Gunawan, Jumat (10/5/24).

Baca Juga : Harga Pangan Tidak Stabil, Pengamat Sosial Bilang Begini

Dikatakannya, harga sayuran seperti kol juga turun dari yang sebelumnya menyentuh Rp10 ribu per Kg, sejauh ini turun di kisaran Rp7 ribu per Kg. Sementara itu, harga ikan segar seperti tongkol mengalami penurunan yang sangat tajam. Harga ikan tongkol dijual dalam rentan Rp15.000 hingga Rp20.000 per Kg. Setelah sebelumnya sempat ditransaksikan di kisaran Rp27.000 – Rp30.000 ribuan per Kg.

“Tidak hanya tongkol, sejumlah ikan segar lainnya juga mengalami penurunan. Namun kita perlu mewaspadai beberapa kemungkinan penurunan harga komoditas pangan belakangan. Tapi yang menjadi fokus pemerintah adalah bahwa demand atau konsumsi perlahan mengalami penurunan, seiring dengan mulai akan berakhirnya bulan syawal,” bebernya.

Dari hasil pemantauan jumlah stok barang di pedagang besar, terjadi penurunan permintaan untuk cabai merah dan bawang merah sekitar 20% dan 30%. Hal itu seiring dengan kenaikan harga sebelumnya yang membuat permintaan atau demand mengalami penurunan.

“Ditambah dengan permintaan yang sedikit melemah jelang penutupan bulan Syawal. Demikian juga dengan tomat, demand yang menurun dalam satu bulan terakhir telah menekan harga dari Rp16.000 an per Kg menjadi Rp12.000 per Kg nya,” katanya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles