24.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Meski Harga Daging Ayam di Siantar Turun, Sejumlah Pembeli Masih Mengeluh

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional Kota Pematangsiantar mulai berangsur turun. Jika sebelumnya sempat menyentuh Rp28.000 – Rp30.000 per kilogram, kini harga daging ayam dibanderol menjadi Rp25.000 per kilogram (Kg).

“Sempat lama memang harga ayam potong ini mahal hingga Rp30.000 per Kg. Sekarang harga daging ayam turun, ada yang jual Rp25.000, ada pula yang jual Rp27.000 per Kg,” ucap Reza, salah satu penjual daging ayam di pasar tradisional Dwikora saat ditemui Mistar, Selasa (16/7/24).

Saat ditanya mengapa setiap pedagang tidak menjual dengan satu harga yang sama, ia mengatakan bahwa itu merupakan hak si penjual. Sebab, penjual daging ayam sudah banyak, dan terkadang mereka harus bersaing satu dengan yang lainnya.

“Ada yang beli ayam ke agen itu dengan jumlah yang banyak. Otomatis harga akan berbeda dengan penjual yang membeli jumlah ayam sedikit. Biasanya mereka itu punya toke (pimpinan, red), ya mau tak mau banting harga lah sama pedagang lain. Biar cepat habis,” papar Reza sambil tersenyum.

Baca Juga : Harga Daging Ayam dan Bawang Kompak Turun, Kota Siantar Deflasi -0,55 Persen

Pasar tradisional menyebut turunnya harga daging ayam saat ini disebabkan pasokan ayam dari peternak cukup lancar dalam beberapa hari terakhir. Meski harga daging ayam mulai turun, namun pembeli di pasar tradisional menuturkan harga daging ayam masih terbilang mahal.

Mirnawati, warga Jalan Jawa ini mengatakan harga daging ayam potong sekarang belum normal dan masih tinggi. Sebab, harga daging ayam potong normal pada kisaran di bawah Rp20.000- Rp22.000 per Kg.

“Kalau dibilang turun, belum menurut kami. Bayangkan aja, harga daging ayam ini tetap bertahan mahal lumayan lama. Terpaksa harus menambah uang pengeluaran dari biasanya,” tukasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles