25.4 C
New York
Monday, July 8, 2024

Harga Daging Ayam dan Bawang Kompak Turun, Kota Siantar Deflasi -0,55 Persen

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komoditas daging ayam ras dan bawang merah yang mengalami penurunan harga, jadi penyumbang deflasi Kota Pematangsiantar sebesar -0,55 persen pada periode Juni 2024.

Adapun komoditas penyumbang deflasi di Kota Pematangsiantar antara lain daging ayam ras -0,30 persen, bawang merah -0,17 persen, tomat -0,16 persen, sawi Hijau -0,06 persen dan kangkung -0,04 persen.

Demikian rilis pers yang disampaikan pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Pematangsiantar dibawah kepemimpinan Mualrobin, melalui Unit Data Statistik dan Kehumasan (UDSK) KPwBI Pematangsiantar.

Terjadinya deflasi khususnya pada penurunan harga daging ayam ras dan bawang merah disebabkan oleh faktor meningkatkan stok khususnya panen bawang merah. Disisi lain ada juga peran dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

TPID dinilai semakin matang dengan mampu mempersiapkan kemungkinan kenaikan harga pada masa libur sekolah dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha dengan mengadakan kegiatan pasar murah, rapat koordinasi dan High Level Meeting (HLM) serta gerakan tanam. (fer/ril/hm25)

Related Articles

Latest Articles