5.3 C
New York
Monday, February 6, 2023

Hadiri Peluncuran Pra HPN 2023, Gubsu Minta Pers Harus Kritis dan Objektif

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menandai peluncuran Pra Hari Pers Nasional (HPN) dan HPN Expo tahun 2023 sebagai persiapan awal menjelang hari H pada 7-12 Februari mendatang.

Gubsu menyampaikan bahwa sejarah mencatat peran penting dan berpengaruhnya media massa yang disebut dengan istilah pers, terhadap konsepsi bernegara. Yakni ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan (Ipoleksosbud Hankam).

“Dari semua itu (Ipoleksosbud Hankam), pers ini masuk dalam (konsepsi) budaya. Tetapi perannya masuk ke semua sektor (konsep) tadi,” sebut Gubsu dalam keterangan resminya, Selasa (24/1/23).

Baca Juga:Peringati HPN, Wagubsu Kunjungi Tokoh Pers Perjuangan

Keterkaitan dan pengaruh itu, lanjut Gubsu, dapat diketahui dari wacana dan pewacanaan (diskursus) yang terbangun di berbagai negara, bahkan dunia internasional. Misalnya tentang pertahanan dan keamanan melalui kegiatan cipta kondisi.

“Itulah peran penting pers untuk cipta kondisi. Termasuk potensi wilayah, bagaimana peran ini mendorong untuk cipta kondisi dalam tujuan membangun bangsa,” jelasnya.

Karenanya dalam peluncuran pra HPN ini, Gubsu berharap acara peringatan tahunan ini bisa menjadi dorongan bagi dunia pers mengevaluasi perkembangan yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan. Agar peran media massa sebagai pilar keempat demokrasi, berjalan untuk mengawal bangsa ini.

Baca Juga:Gubernur Edy Inginkan HPN di Sumut Diketahui Seluruh Masyarakat

“Apakah hari pers ini hanya sekadar hore-hore? Kita harus ada evaluasi untuk itu, sehingga berhasil guna. Dan semua harus kita pertanggungjawabkan (output),” tegasnya.

Sembari berharap kesuksesan HPN 2023 di mana Sumut sebagai tuan rumah, Gubsu menegaskan bahwa nilai yang ada pada pers itu, beberapa diantaranya adalah objektif dan berpikir kritis.

“Pers harus kritis, tetapi juga objektif. Ke arah tujuan, yakni pembangunan. Jika ada yang lari dari tujuan, itulah peran pers (mengkritisi). Sehingga tidak ada dusta di antara kita, transparan,” sebutnya.

Baca Juga:Sumut Siap Tuan Rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2023

Selain itu, Gubsu juga mengapresiasi pelaksanaan peluncuran Pra HPN dan HPN Expo 2023 di Sumut yang ditandai peletakan telapak tangan di layar utama sebagai tanda persiapan pelaksanaan event nasional di Sumut.

“Luar biasa, saya tidak menyangka acaranya seperti ini. Inilah yang kita harapkan agar peran bersama pemerintah terus berkolaborasi dalam memajukan bangsa, khususnya Sumut,” tutupnya.

Sebelumnya, Sekdaprov Arief S Trinugroho meminta seluruh Kepala OPD dan BUMD untuk menyukseskan HPN 2023 di Sumut, dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang hadir. Menurutnya, Sumut tahun ini mendapat kesempatan luar biasa menjadi tuan rumah event nasional, bahkan dunia.

Baca Juga:Gubsu dan Kapoldasu Kunjungi Simalungun

“Awal tahun 2023 ini kita mendapat kepercayaan yang besar menjadi tuan rumah berbagai event, tidak hanya skala nasional, bahkan dunia. Untuk itu mari kita berikan pelayanan terbaik sehingga Sumut dapat memberikan citra dan kenangan yang baik,” ujar Arief sembari menyampaikan, kegiatan-kegiatan ini juga akan mendorong kebangkitan ekonomi Sumut.

Seperti diketahui, Sumut menjadi tuan rumah ajang balap perahu super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat). Perhelatan bertaraf internasional itu akan diselenggarakan di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023. HPN 2023 sendiri akan dihadiri belasan ribu tamu yang berasal dari unsur organisasi pers, pemerintah daerah dari seluruh provinsi, para duta besar dan wartawan asing.

Adapun rangkaian kegiatan dalam rangkaian HPN yaitu Workshop Literasi Digital: Media Sosial dan Entrepreneurship Untuk Generasi Milenial di Aula Fisip USU pada 7 Februari, Seminar Seruan Pers dari Sumatera Utara: Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat dan Seminar Anugerah Jurnalistik Adinegoro di Ballroom Hotel Grand Mercure pada 7 Februari.

Baca Juga:Rayakan HPN 2021, IWO Siapkan Aksi Sosial di Samosir

Seminar Internasional: Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media yang Berkelanjutan di Amarilis Room Hotel Grand Mercure, pada 7 Februari. Kemudian, Kongres Ke XXVI SPS dan Seminar SPS di  Ballroom Hotel Arya Duta pada 7 Februari, dan Diskusi Anugerah Kebudayaan di Hotel Santika Dyandra pada 7 Februari.

Juga akan digelar Rakernas IKWI dan Bakti Sosial di Hotel Khas Parapat pada 7-8 Februari, pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan Provinsi se-Indonesia di Aula T Rizal Nurdin rumah dinas gubernur pada 7 Februari.

Selanjutnya akan digelar pameran HPN 2023 dan pameran tiga abad surat kabar Indonesia di Kompleks Astaka Pemprov Sumut pada 7-12 Februari  dan Seminar Internasional Trade, Tourism and Investment Forum For North Sumatera di Ballroom Hotel Adimulia pada 8 Februari.

Baca Juga:Peringati HPN, Komunitas Jurnalis Bagikan Masker dan Nasi Bungkus di Siantar

Konvensi Nasional Media Massa akan digelar di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan pada 8 Februari,  Seminar Olahraga Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah serta Rakernas SIWO di Ballroom Hotel Santika Medan pada 8 Februari.

Ada juga seminar dana bagi hasil perkebunan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah di Aula Raja Inal Siregar, kantor gubernur pada 8 Februari. Serta welcome dinner di rumah jabatan gubernur pada 8 Februari.

Untuk acara puncak akan dilaksanakan di GOR Gedung Serba Guna Pancing Medan pada 9 Februari dan akan dilaksanakan juga Tour Danau Toba bagi peserta HPN di Hotel Khas Parapat pada 9-10 Februari. (anita/hm14)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,699FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles