8.7 C
New York
Tuesday, February 7, 2023

Gubernur Edy Inginkan HPN di Sumut Diketahui Seluruh Masyarakat

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berpesan agar menggairahkan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan segera tiba pada 7-12 Februari 2023 mendatang.

Di mana, Sumatera Utara menjadi tuan rumah di HPN yang ke-72 tahun ini. Apalagi diperkirakan sekitar 7.000 orang dari organisasi wartawan se-Indonesia akan hadir di acara nasional tersebut.

Hal ini diungkapkan Edy usai melepas 150 becak bermotor (betor) yang memakai terpal berlogokan HPN 2023 untuk mensosialisasikan HPN 2023 kepada masyarakat, di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (18/1/23).

“HPN ini akan segera berlangsung, maka seluruh rakyat ini harus tahu. Kenapa medianya abang tukang becak. Karena becak ini keliling-keliling dia. Sehingga HPN yang akan dilaksanakan semua bisa merasakan. Dan, bahwa wartawan ini milik rakyat,” jelasnya pada wartawan.

Baca Juga:Gubsu: Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat Jangan Kehilangan ‘Peluang Emas’

Diterangkannya, dalam HPN ini akan dibuat kegiatan yang bermanfaat dan berharap isu yang paling penting di Sumut ini adalah kesehatan.

“Kesehatan inilah yang harus di blow up,” beber mantan Ketua PSSI itu.

Apalagi, katanya, hari ini Kemenkes RI baru saja membahas mengenai stunting. Dan untuk Sumut, diungkapkan Edy, masalah stunting masih tinggi.

“Angka stunting di Sumut masih tinggi 25%. Lalu, ada TBC yang jadi nomor satu paling besar. Ini yang harus kita kampanyekan. Bukan hal lain. Ketiga kita khawatirkan mengenai Polio. Ini belum kita dapat kasus (polio) di Sumut tapi di Aceh sudah ada, dan dua daerah ini berdekatan,” jelasnya.

Baca Juga:Wagubsu dan Pj Wali Kota Tebing Tinggi Resmikan Gedung Fastabikul Khairat

Maka, menurutnya, masalah kesehatan menjadi masalah yang harus diangkat dalam HPN tahun ini.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menjelaskan, persiapan menuju HPN sudah hampir rampung.

PWI dan Dinas Kominfo Sumut optimis kegiatan akbar ini akan berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulilah sampai saat ini PWI dan Kominfo serta jajaran Pemprov Sumut telah bekerja keras bagaimana agar HPN ini berjalan lacar dan sukses. Kami ingin tamu ini datang senyum, pulang pun dengan senyum, dan menikmati Kota Medan dan Sumut,” ucap Farianda.

Baca Juga:Gubsu: Akademi Dai Cilik Diharapkan Motivasi Anak Sebarkan Dakwah

Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi kepada warga Sumut untuk menyambut dan memeriahkan HPN ini dengan berbagai rangkaian, seperti videotron, pemasangan bilboard dan konvoi betor.

“Kita juga sedang proses lelang untuk pelaksana atau Event Organizer (EO)-nya. Nanti Insya Allah tanggal 21 Januari ini akan di umumkan,” kata Ilyas.(anita/hm10)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,703FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles