21.7 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

Arus Balik Lebaran, Dishub Simalungun Imbau Pengendara Rutin Istirahat

Simalungun, MISTAR.ID

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Simalungun mengimbau seluruh pengendara untuk melakukan istirahat secara rutin dalam perjalanan arus balik Lebaran tahun 2024.

Imbauan ini berlaku khususnya bagi pengendara yang melintasi wilayah Kabupaten Simalungun dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2024.

Kepala Dishub (Kadishub) Kabupaten Simalungun Sabar Saragih, menegaskan pentingnya istirahat bagi pengendara, terutama yang menempuh perjalanan jarak jauh. Dia bilang, pos pelayanan (posyan) dan pos terpadu (posdu) telah disediakan guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.

Baca juga:Arus Balik Lebaran, Ratusan Kendaraan Padati Pintu Keluar Tol Medan Amplas

“Pengendara diimbau istirahat setidaknya setiap 4 jam sekali, selama minimal 30 menit,” ujarnya, pada Senin (15/4/24).

Selain itu, Sabar mengingatkan para sopir kendaraan umum untuk tidak membawa penumpang melebihi kapasitas. Ia juga menekankan pentingnya sopir kendaraan pribadi untuk mematuhi peraturan lalu lintas (lalin), demi mencegah kemacetan dan potensi kecelakaan.

“Mematuhi kapasitas angkut bukan hanya menjaga keselamatan penumpang, tetapi juga mengurangi risiko kecelakaan. Untuk pengendara pribadi harus disiplin dalam berkendara, jangan mengabaikan rambu-rambu dan aturan lalin,” katanya.

Untuk mendukung kelancaran arus balik Lebaran, Sabar menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian serta pihak terkait lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan masyarakat.

Baca juga:Cek Jadwal Rekayasa Lalin Arus Balik Lebaran 2024

“Kami telah meningkatkan pengawasan di jalan-jalan utama dan titik rawan kecelakaan,” ujarnya.

Dengan adanya imbauan di atas, Dishub Simalungun berharap pengendara dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan untuk menjaga keselamatan bersama. Melalui kerja sama semua pihak, Sabar optimis arus balik tahun ini dapat berjalan lancar dan aman.

“Arus balik Lebaran biasanya menjadi masa yang penuh tantangan bagi petugas lalin, karena meningkatnya volume kendaraan melintasi wilayah Simalungun,” ujarnya.

Sabar menambahkan, masyarakat dapat melaporkan kendala perjalanan ke posyanposyan yang tersedia agar dapat segera ditangani oleh petugas. “Pengendara diharapkan tetap berhati-hati dan mematuhi segala aturan yang berlaku selama perjalanan arus balik Lebaran,” tutupnya. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles