28.6 C
New York
Thursday, June 20, 2024

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Berharap Masyarakat Bisa Aplikasikan Nilai Pancasila

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Moettaqien Hasrimi berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar nilai-nilai Pancasila dapat diaplikasikan dan diaktualisasikan dalam semua aspek kehidupan.

“Hari ini kita peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Hendaknya nilai-nilai Pancasila dapat kita aplikasikan dan aktualisasikan dalam semua aspek kehidupan. Tantangan global sangat luar biasa dan mudah-mudahan ini berjalan di seluruh lapisan masyarakat,” paparnya.

Hal ini disampaikan Pj Wali Kota seusai menjadi inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo, pada Sabtu (1/6/24).

Baca juga:Harlah Pancasila 2024 Menyongsong Indonesia Emas yang Maju

Moettaqien juga meminta kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi khususnya generasi muda/milenial, atau istilah saat ini dengan sebutan Gen Z, melalui aktualisasi nilai-nilai Pancasila dapat menghadapi tantangan ke depan, dengan sungguh percaya diri.

Sebelumnya, dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024, Pj Wali Kota membacakan teks Pancasila dan sambutan tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. Sedangkan Ketua DPRD, Basyaruddin Nasution membacakan teks UUD 1945.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Pj Wali Kota, Yudian mengajak bangsa Indonesia untuk bersyukur, karena mempunyai Pancasila sebagai bintang pemandu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa (TYME) untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” ujar Moettaqien.

Baca juga:Menjadi Irup, Wali Kota Susanti Ajak Pedomani Nilai-Nilai Pancasila

Kepala BPIP di dalam sambutannya juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bisa membumikan nilai-nilai Pancasila.

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, lanjut Moettaqien, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengangkat tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

Acara dilanjutkan penampilan tarian multi etnis dari sanggar seni Abang Kakak Tebing Tinggi binaan Dinas Pendidikan (Disdik). Di mana tarian ini menggambarkan masing-masing pulau yang ada di Indonesia. (nazli/hm16)

Related Articles

Latest Articles