22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Sekdakab Deli Serdang Pastikan Tampung Dana Hibah KONI di P-APBD 2022

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein hadiri rapat kerja daerah (Rakerda) dan pelantikan Koordinator Kecamatan (Korcam) KONI se-Deli Serdang di Balairung Pemkab setempat, Lubuk Pakam, Senin (30/5/22).

Ketua Panitia, Effendi Manulang melaporkan, acara Rakerda yang dirangkai dengan pelantikan Korcam berlangsung mulai 30-31 Mei. Tujuannya untuk menyamakan persepsi untuk tahun 2022-2024. Termasuk masalah keuangan menyongsong PON 2024 dimana venue Sumatera Utara berada di Deli Serdang.

“Selain masalah prestasi atlet, masalah keuangan juga menjadi pendukung utama. Sebab, selama ini KONI Deli Serdang belum mendapat dana hibah dari Pemkab Deli Serdang. Ini yang perlu kita bicarakan bersama,” kata Effendi Manullang.

Baca juga: KONI Minta Bupati Deliserdang Evaluasi Kadis Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata

Ketua Umum KONI Deli Serdang, Khairullah Siregar menjelaskan, keberhasilan Korcam ke depan tidak lepas dari peranan para camat se-Deli Serdang. Untuk itu, dukungan camat sangat diharapkan.

Dikatakan Khairullah, para pengurus Cabor di Deli Serdang adalah patriot olaharaga. Ini dibuktikan bahwa Porwil Sumatera tahun 2021, Kabupaten Deli Serdang berhasil menduduki urutan kedua setelah Medan.

“Ironisnya, pada Rakerda tahun 2020 kita tidak juga tidak mendapatkan dana dari Disporabudpar Deli Serdang. Alasan karena pandemi Covid-19, namun pada tahun 2021 dan 2022, Rakerda yang kita lakukan juga tidak mendapat kucuran dana dari dinas tersebut. Sebab, katanya anggaran tahun ini tidak ditampung dalam APBD,” papar Khairullah.

Ketua Umum KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis mengatakan, sebenarnya PON ke 21 tahun 2024, tuan rumah Sumut itu adalah Deli Serdang. Sebab, 80% venue PON di Sumut berada di Deli Serdang.

Baca juga: KONI Siantar Berangkatkan 9 Atlet Ikuti Open Turnamen Wushu Sumut

“Olahraga ini menyatukan semua elemen masyarakat. Karenanya, prestasi olahraga di daerah kita harus benar-benar mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Kiranya Porkab dan Porprovsu nantinya, Pemkab Deli Serdang menganggarkan di P-APBD. Tapi saya yakin Sekdakab Deli Serdang akan menganggarkan dana tersebut,” ungkap Jhon Ismadi Lubis.

Sekdakab Deli Serdang, Darwin Zein menyebutkan, bahwa Pemkab Deli Serdang siap mendukung program KONI Deli Serdang khususnya olahraga prestasi.

“Saya akan intruksikan para camat agar mendukung Korcam-nya masing-masing. Jika ada camat yang tidak mendukung, maka akan kami evaluasi. Sedangkan menyangkut dana hibah KONI akan kita tampung dalam P-APBD,” tandasnya. (rinaldi/hm09)

Related Articles

Latest Articles