11.9 C
New York
Sunday, April 14, 2024

Hanura Raih Suara Terbanyak di Kecamatan Kualuh Hulu

Labura, MISTAR.ID

Partai Hari Nurani Rakyat (Hanura) berhasil menjadi pemenang pada Pemilihan Umum 2024 di Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Meraih suara terbanyak dengan 9.276 suara, partai besutan Wiranto tersebut diprediksi akan mendudukkan dua wakilnya di DPRD Labura.

Hal itu diketahui setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kualuh Hulu menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara di menit-menit terakhir dari jadwal yang diberikan, Sabtu (2/3/24) malam.

Dalam pleno yang dipimpin Ketua PPK Kualuh Hulu Abd Hakim Siagian tersebut, Partai Golkar menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak kedua yaitu 8.321 suara. Sedangkan partai lain yang meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) Labura I dengan alokasi tujuh kursi tersebut adalah PDI Perjuangan dengan 5137 suara.

Kemudian Partai NasDem juga berhasil mengumpulkan suara yang signifikan yaitu sebanyak 5.129 suara. Posisi selanjutnya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 4.189 suara. Di bawah PKB adalah suara Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapatkan 3.989 suara. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraup 2.927 suara.

Baca Juga : Jelang Akhir Kampanye, Bawaslu Labura Himbau Parpol Tertibkan APK

Kualuh Hulu merupakan kecamatan terakhir yang menuntaskan rekapitulasi penghitungan suara dari delapan kecamatan yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut.

Molornya rekapitulasi penghitungan suara di Kualuh Hulu karena sengitnya perdebatan saat pelaksanaan. Bahkan, tidak sedikit kotak suara dari TPS ‘bermasalah’ yang terpaksa dibongkar demi mendapatkan kepastian penghitungan.

Sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2024, jadwal penghitungan suara di tingkat PPK berlangsung sejak 15 Februari hingga 2 Maret 2024. PPK Kualuh Hulu menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara selama 14 hari. (sunusi/hm24)

Related Articles

Latest Articles