23.8 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Wisatawan Dilarang Dirikan Tenda di Kawasan Gunung Bromo

Probolinggo, MISTAR.ID

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melarang wisatawan mendirikan tenda di kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Untuk saat ini, pengunjung dilarang mendirikan tenda atau berkemah di seluruh kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya sampai batas waktu yang belum ditentukan. Ketentuan berlaku saat pengumuman dikeluarkan,” kata Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS, Hendra Wisantara, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (24/7/24).

Hendra menjelaskan awalnya aktivitas berkemah di larang di kawasan Mentigen. Namun, saat ini, larangan berkemah tersebut juga diterapkan di seluruh kawasan Gunung Bromo.

Baca juga: Karhutla Bromo, Khofifah: Api masih Menyala dan Air Booming Diterjunkan

“Alasan pelarangan karena kondisi lokasi yang kurang memadai. Termasuk di Mentigen. Jadi, semua aktivitas berkemah dilarang,” katanya, seperti dilansir tempo.

Menurut Hendra, sarana prasarana yang tidak memadai menyebabkan penumpukan sampah mulai dari kemasan plastik yang tidak bisa didaur ulang, sisa makanan, bahkan kotoran manusia.

Larangan juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan mengantisipasi potensi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

“Ini juga merupakan langkah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan di kawasan akibat ulah manusia,” katanya. (tempo/hm20)

Related Articles

Latest Articles