17.7 C
New York
Monday, July 1, 2024

Dituding Hina Jokowi, Rocky Gerung Dipolisikan, Refly Harun Juga Ikut Dilaporkan

Jakarta, MISTAR.ID

Sejumlah warga yang mengatasnamakan Relawan Indonesia Bersatu melaporkan pengamat politik Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya.

Rocky dilaporkan karena dinilai telah menghina Presiden Joko Widodo dalam video yang diunggah di YouTube. Laporan itu teregistrasi dalam nomor LP/B/4459/VII/2023/POLDA METRO JAYA pada (31/7/2023).

Lisman Hasibuan selaku Ketua Relawan Indonesia Bersatu mengatakan, ia melaporkan Rocky atas pelanggaran UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga: Hina Ibunda Presiden Jokowi, Ibu Ini Ditangkap Polisi

Selain itu, pihaknya juga melaporkan pengamat hukum Refly Harun karena dinilai ikut menyebarkan video dugaan penghinaan tersebut melalui akun YouTubenya.

“Hari ini, saya sebagai Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan akan melaporkan Rocky Gerung sama Refly Harun,” katanya kepada wartawan, Senin (31/7/2023) malam, seperti dikutip dari laman Kompas, Selasa (1/8/2023)

Refly Harun menurut Lisman telah dengan sengaja menyiarkan rekaman video tersebut melalui akun YouTube-nya sehingga tersebar ke seluruh Indonesia.

“Yang nonton hampir puluhan ribu orang. Saat ini masih aktif,” tambah dia.

Lisman mengaku cukup terganggu dengan kata-kata Rocky pada video tersebut. Dia menilai, apa yang diucapkan Rocky sangat tak etis karena menyerang kepala negara atau Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Jokowi Akan Evaluasi Penempatan Perwira TNI di Lembaga Sipil

“Kami sebagai relawan dan masyarakat Indonesia sangat terganggu dan ini sudah memunculkan kegaduhan. Makanya kami melaporkan di Polda Metro Jaya sekaligus kita juga melaporkan penyebar video tersebut,” tambah dia.

Lisman berharap, Polda Metro dapat bersikap tegas terhadap laporan yang ia layangkan.
Sekedar informasi, video yang dipersoalkan oleh relawan Jokowi ialah video Rocky Gerung dalam sebuah acara. Dari video tersebut, terdengar Rocky Gerung mengucapkan sejumlah kata tak pantas terhadap Presiden Jokowi. (Kompas/hm22)

Related Articles

Latest Articles