17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Buntut Polemik UKT, Komisi X DPR Panggil Nadiem Pekan Depan

Jakarta, MISTAR.ID

Polemik kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di beberapa universitas terus bergulir. Komisi X DPR dijadwalkan akan memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, pekan depan.

“Menteri minta dijadwal ulang, mungkin minggu depan,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf, kemarin.

Komisi X DPR juga akan membentuk panja terkait biaya pendidikan terkait kenaikan UKT yak dinilai tak wajar. Dede mengatakan, panja yang dibentuk akan bekerja 3-4 bulan untuk memeriksa komponen-komponen apa saja yang memang harus UKT dinaikkan.

Baca Juga : Panggil Kemendikbud Ristek, DPR Bakal Bentuk Panja UKT

Namun, Dede mengatakan langkah terdekat adalah mendorong revisi Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024. “Kita akan mendorong mungkin tidak di pemerintahan sekarang tapi di pemerintahan nanti agar alokasi anggaran pendidikan 20% paling tidak dikelola Kementerian Pendidikan itu 50%-nya sekitar Rp 300 triliun,” kata dia.

Dede belum mengetahui penyebab utama biaya UKT di sejumlah universitas naik dan saat ini sedang meninjau Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024. “Kita harus reviu dan kita akan panggil, meminta pemerintah merevisi Permendikbud 2/2024 sesegera mungkin,” sebutnya. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles