20.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Batas Indonesia dan Malaysia Akhirnya Rampung, Bagi Dua Pulau Sebatik

Jakarta, MISTAR.ID

Pembahasan mengenai batas darat Indonesia dan Malaysia akhirnya rampung. Salah satu kesepakatannya adalah membagi dua Pulau Sebatik yang merupakan wilayah timur Provinsi Kalimantan Utara.

Disebutkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi Wilayah Indonesia berada di bagian selatan Pulau Sebatik, sementara Malaysia menguasai wilayah utara pulau itu.

“Negosiasi mengenai dua segmen darat yakni Pulau Sebatik dan Sungai Sinapad-Sesai telah mencapai tahap akhir,” kata Menlu Retno yang dilansir, Rabu (3/7/2024).

Indonesia Malaysia kini akan menyiapkan rancangan untuk dituangkan ke dalam nota kesepahaman (MoU).

Baca juga: Ekonomi Indonesia Melemah, Pengamat: Sedang Diguyur Tantangan

Pemerintah Indonesia terus berupaya menyelesaikan tujuh segmen batas wilayah negara yang berstatus Outstanding Boundary Problems (OBP) dengan Malaysia.Dari tujuh segmen batas tersebut, empat segmen berada di Kalimantan Barat atau Sektor Barat dan tiga segmen di Kalimantan Utara atau Sektor Timur.

Di Pulau Sebatik, Indonesia menginginkan garis batas pada posisi lintang 4° 10′ dan mengembalikan posisi existing pilar ke garis lintang 4° 10′. Sementara Malaysia menginginkan garis batas sesuai dengan existing pillar.

Konsekuensinya, garis batas bergeser ke arah utara mencakup wilayah seluas kurang lebih 112,5 hektar dan sesuai dengan klaim wilayah Indonesia.

Penyelesaian masalah ini pun tinggal menunggu penandatanganan MoU antara pemerintah RI dengan pemerintah Malaysia. Indonesia akan mendapatkan hak atas wilayahnya berdasarkan prinsip ‘Uti Possidetis Juris’ seluas ± 121 hektar, sedangkan Malaysia mendapatkan seluas ± 5,7 hektar. (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles