28.5 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

Tolak Tapera, Serikat Buruh akan Demo 11 Juni Mendatang

Medan, MISTAR.ID

Tolak PP Tapera, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar aksi demo atau unjuk rasa di Medan pada 11 Juni 2024 mendatang. Sebab, mereka menilai PP Tapera makin memiskinkan kaum buruh Indonesia. Selain itu, Partai Buruh Sumut juga menolak kenaikan Harga Eceran Terakhir (HET) beras yang baru saja dinaikan oleh Bulog.

“Aksi ini rencananya akan digelar pada hari Selasa tanggal 11 Juni 2024 mendatang. Tujuan aksi nanti dipusatkan di kantor Gubernur Sumut, Kantor DPRD Sumut dan Kantor Bulog Sumut,” ujar Ketua FSPMI yang juga Ketua Partai Buruh Sumut, Willy Agus Utomo, Kamis (6/6/24).

Menurutnya, saat ini upah buruh sudah tidak naik namun masih akan dipotong untuk Tapera. Bahkan, sudah hampir seluruh elemen masyarakat menolak Tapera, baik secara aksi protes dan bersuara di media sosial.

Menurut mereka, sudah sepantasnya pemerintah mendengarkan dan tidak memaksakan kehendaknya tanpa persetujuan rakyat.

“Regulasi yang dibuat pemerintah sebenarnya selalu diprotes rakyat, mulai dari UU Cipta Kerja dan peraturan lainya seperti Tapera, tapi terkesan pemerintah tidak menggubris protes rakyat, maka kita akan terus demo untuk menyuarakan keadilan dan kesejahteraan rakyat,” tegas Willy.

Baca Juga : Program Tapera jadi Polemik, Prabowo Subianto Buka Suara

Terkait kenaikan harga beras, secara tegas Willy meminta agar Bulog Sumut mencabut keputusan HET kenaikan harga beras mengingat, HET tersebut hanya menguntungkan pengusaha atau kilang besar perodusen beras, bukan menguntungkan petani. Jika kebijakan ini dibiarkan, maka dapat melemahkan lesunya ekonomi di Sumut akibat daya beli masyarakat yang makin minim saja.

Adapun untuk titik kumpul massa aksi nantinya di depan Istana Maimun Medan pada pukul 10.00 WIB, kemudian massa long march menuju kantor Gubsu, DPRD Sumut dan terakhir di Kantor Bulog Sumut.

“Aksi kita damai, semoga tuntutan kita dipenuhi terkait penolakan Tapera, dan khusus Bulog Sumut merevisi kebijakan HET Beras yang menyengsarakan rakyat Sumut,” pungkasnya. (anita/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles