10.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

Aquafarm Sulap Kotoran Ikan Jadi Pupuk

Toba Samosir | MISTAR.ID – Dalam rangka menjaga kelestarian air Danau Toba PT Regal Springs Indonesia atau PT Aquafarm Nusantara mencoba melakukan uji coba sistim daur ulang kotoran yang berasal dari ikan tilapia dalam kerambah jaring apung diperairan Danau Toba untuk diolah menjadi pupuk.

Hal tersebut disampaikan Senior Manager External PT Aquafarm Nusantara, Kasan Mulyono, Minggu (15/12/19). Hasil uji coba tersebut telah disampaikan kepada publik melalui siaranpers dan
juga disampaikan langsung kepada media yang ada di Parapat beberapa waktu lalu, seusai melakukan beberapa kali uji coba dengan penggunaan alat tersebut.

“seluruh kotoran berasal dari ikan tilapia di kerambah jaring apung di perairan Danau Toba. Kotoran tersebut ditampung dengan menggunakan terpal yang berada dibawa Net kerambah Jaring Apung, kemudian diangkut ke darat menggunakan mesin penghisap. Setelah itu kotoran disaring untuk memisahkan kandungan air dengan kotoran,” ujar Kasan.

Sementara itu Juan Carlos, Presiden Direktur Regal Springs Indonesia menyampaiakan bahwa perusahaan penghasil ikan nila kualitas terbaik ini akan terus mengembangkan solusi-salusi lainnya guna mengoptimalkan sistem daur ulang. Sehingga mencapai kinerja yang lebih baik dan efisien di masa mendatang.

“Kami terus mengkaji efektivitas kedua prakarsa penting yang pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan kinerja kegiatan budidaya perikanan dan kami yang bertanggung jawab untuk itu,”
Ujar Juan.

Semua upaya bisnis program KAMI PEDULI Regal Springs Indonesia diarahkan untuk menghasilkan serangkaian produk Naturally Better Tilapia yang diproduksi dengan kualitas tertinggi demi pasar dalam negeri dan kalo butuhan ekspor (para buyer di luar negeri.

Penulis : karmel
Editor : Rika

Related Articles

Latest Articles