33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Cuaca Panas Ekstrem Landa Amerika Bagian Barat

Ankara, MISTAR.ID

Cuaca panas ekstrem tengah melanda seluruh Amerika Serikat (AS) bagian barat. Dilansir Mistar, Rabu (10/7/24) dari laporan media ada 146 juta lebih warga Amerika diperingatkan dengan cuaca ekstrem ini.

Peringatan panas ekstrem dari Dinas Cuaca Nasional mencakup bagian wilayah Arizona, Oregon, Washington, California, Nevada, dan Idaho, sementara peringatan panas meluas ke pantai timur, termasuk Georgia, Alabama, Florida, dan Mississippi.

Laporan surat kabar The Guardian, di Oregon panas ekstrem menyebabkan empat kematian. Pada Minggu (7/7/24) suhu di Kota Salem, Oregon, mencapai 39,4 derajat Celsius dan ini mmecahkan rekor yang sebelumnya 37,2 derajat Celsius pada 1960.

Baca juga: Jepang Dilanda Panas Ekstrem Tembus Hingga 40 Derajat Celsius

Disisi lain, Petugas pemadam kebakaran berjuang mengatasi sejumlah kebakaran yang diperkirakan akan berlangsung sepanjang pekan. Hingga Senin (8/7/24), sebanyak 73 kebakaran besar terjadi di seluruh negeri, meliputi hampir setengah juta hektare lahan.

Tercatat pula dari NBC News lebih dari 8,09 juta hektare lahan terbakar di Daerah Santa Barbara, California. Baru 8 persen terkendali meski helikopter dan tanker udara telah dikerahkan untuk memadamkan api, kebakaran terus membesar.

Perintah evakuasi juga telah dikeluarkan untuk daerah tersebut.

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem 45 Derajat Celcius di India Tewaskan 33 Petugas Pemilu

Menurut CNN, California dan Nevada diperkirakan akan mengalami rekor suhu tinggi harian tambahan pada minggu mendatang.

Pusat Prediksi Cuaca Badan Cuaca Nasional juga memperingatkan bahwa pada Kamis, suhu panas di wilayah Pasifik Barat Laut akan berpindah ke wilayah Intermountain West dan High Plains bagian utara.

Menurut CNN lagi banyak lokasi di Barat dan Pasifik Barat Laut telah memecahkan rekor panas sebelumnya. Lebih dari 165 rekor suhu tinggi harian yang berpotensi ditetapkan atau disamai pekan ini. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles