9.6 C
New York
Sunday, May 5, 2024

83 Orang Dilaporkan Tewas Akibat Cuaca Dingin Ekstrem di AS

California, MISTAR.ID

Badai salju dan cuaca dingin ekstrem melanda sebagian besar Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari terakhir dengan konsekuensi mematikan. Layanan Cuaca Nasional AS, National Weather Service (NWS), memperkirakan kondisi akan berlanjut hingga akhir pekan.

Suhu dingin ekstrem diprediksi terjadi di dua pertiga AS untuk beberapa hari ke depan, bersama dengan salju, hujan es, dan hujan deras. CBS News melaporkan bahwa telah tercatat 83 kematian terkonfirmasi akibat cuaca di AS dalam sepekan terakhir.

Menurut CBS seperti dikutip Reuters, di Tennessee, 19 orang meninggal dunia akibat dengan cuaca ekstrem, dan Oregon 16, termasuk tiga orang meninggal akibat kabel listrik menimpa kendaraan mereka, Rabu (18/1/24) kemarin.

Baca Juga: Pesawat Carter Rusia Bawa 6 Penumpang Jatuh di Afghanistan

Sejumlah kematian juga dilaporkan di setidaknya delapan negara bagian lainnya, termasuk Illinois, Pennsylvania, Mississippi, Washington, Kentucky, New York, dan New Jersey.

Berdasarkan data jumlah gas alam untuk pemanasan dan pembangkit listrik, bagian Barat Laut Pasifik dan sebagian wilayah Selatan menjadi kawasan yang paling terdampak cuaca dingin ekstrem dalam seminggu terakhir ini.

Pola itu berlanjut hingga akhir pekan ini dengan peringatan pembekuan keras sudah dipasang pada hari Sabtu di sebagian besar wilayah teluk, meluas dari timur Texas dan Louisiana hingga sebagian besar Mississippi, Alabama, dan sebagian Florida dan Georgia.

Faktor angin dingin mencapai nol derajat Fahrenheit (-17,8 derajat Celcius) diprediksi menyelimuti Mississippi mulai Sabtu (20/1/24) malam.

Baca Juga: Didakwa 27 Kasus Korupsi Kelas Kakap, Menhub Singapura Resign

Menurut NWS, massa udara dingin baru yang sedang berkembang di bagian tengah negara akan membuat suhu turun 20 hingga 30 derajat di bawah rata-rata dari High Plains ke timur hingga lembah Ohio dan Tennessee pada Senin malam.

Salju diperkirakan kaan meliputi sebelah hilir Great Lakes dan di sebagian Appalachians tengah dan Timur Laut hingga Minggu malam.

Sementara itu, peringatan cuaca dingin berlaku untuk sebagian besar Barat Laut Pasifik, diperkirakan akan terkena hujan es dan hujan deras lagi. Salju diprediksi di pegunungan Sierra Nevada, dengan hujan deras dan kemungkinan banjir kilat di wilayah dataran rendah utara California. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles