11.8 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

17 Tahun di Pengasingan, Mantan PM Thaksin Pulang ke Thailand di Tengah Isu Konspirasi

Bangkok, MISTAR.ID

Mantan perdana menteri yang sempat menjadi buronan Thailand, Thaksin Shinawatra, kembali ke negaranya, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (22/8/23), setelah 17 tahun dalam pengasingan.

Kepulangan Thaksin tersebut merupakan sejarah Thailand karena bertepatan dengan upaya sekutu politiknya untuk membentuk pemerintahan baru.

Thaksin (74), mungkin merupakan politisi paling terkenal di Thailand dan tokoh buronan dari Partai Pheu Thai, muncul sebentar dengan anggota keluarganya di Bandara Don Mueang Bangkok untuk menyambut anggota parlemen, terlihat tersenyum dan melambaikan tangan kepada ratusan pendukung yang bersemangat, sebelum kembali ke terminal.

Dalam postingan media sosial sebelumnya saat dia naik pesawat di Singapura, saudara perempuannya, Yingluck, mengatakan, “Hari yang ditunggu oleh saudaraku telah tiba”.

Baca Juga: Bendera Pelangi LGBT Terpasang di AS, Pemilik Toko ini Ditembak

“Selama 17 tahun terakhir, kau merasa terisolasi, kesepian, bermasalah dan merindukan rumah, tetapi kau tetap gigih,” kata Yingluck, yang juga tinggal dalam pengasingan, dalam postingan tersebut.

Thaksin melarikan diri ke luar negeri pada tahun 2008 untuk menghindari hukuman penjara atas penyalahgunaan kekuasaan, dua tahun setelah militer menjatuhkannya dengan tuduhan korupsi dan ketidaksetiaan terhadap monarki. Namun tuduhan itu telah dibantah Thaksin berkali-kali.

Polisi mengatakan, Thaksin akan ditangkap dan langsung dibawa ke Mahkamah Agung untuk diperiksa, sebelum dipindahkan ke penjara.

Related Articles

Latest Articles