3.8 C
New York
Saturday, February 17, 2024

Paling Banyak ke Eropa, Ekspor Kerajinan Lokal Tembus Rp9 Triliun

Jakarta, MISTAR.ID

Ekspor produk kerajinan lokal memiliki peluang besar dengan market share 1,25% dari pangsa pasar dunia pada 2023. Industri kerajinan diyakini dapat berkembang lebih besar. Adapun, ekspor industri kerajinan Indonesia ke berbagai belahan dunia tembus US$603,9 juta atau setara Rp9 triliun per September 2023. Porsi terbesar ke Eropa senilai US$129,182 juta.

Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan, Alexandra Arri Cahyani mengatakan, negara tujuan ekspor kerajinan Indonesia paling tinggi antara lain Belgia, Belanda, dan Jerman.

“Industri kerajinan Indonesia juga berpotensi tumbuh positif karena didukung oleh potensi sumber daya alam Indonesia yang melimpah, dan kemampuan perajin dalam mengolah sumber daya alam menjadi produk kerajinan dan dekorasi yang unik,” ujarnya, Rabu (7/2/24).

Baca Juga : Industri Kerajinan Dongkrak Perekonomian Simalungun

Produk kerajinan yang diminati yaitu untuk komoditas travelling bags, basketwork, tableware, dan kitchenware. Industri kerajinan Indonesia juga diproyeksi dapat mempengaruhi ekonomi nasional karena sentra industri kerajinan tersebar di seluruh provinsi, yakni dengan penghasil utama kerajinan berasal daerah Bali, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

“Oleh karena itu market share ekspor kerajinan Indonesia sangat mungkin untuk tumbuh, dengan potensi pasar dalam dan luar negeri yang cukup besar, serta perkembangan industri Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya,” jelasnya. (bc/hm24)

Related Articles

Latest Articles