12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Sri Mulyani: Tantangan Berubah Terus, Keuangan Negara Dituntut Terus

Jakarta, MISTAR.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menanggapi berbagai isu yang tidak hanya dihadapi Indonesia, tetapi juga dunia. Menurutnya, tantangan akan berubah terus dan dapat dipastikan mempengaruhi keuangan negara.

“Tantangan berubah terus, sehingga keuangan negara akan terus dituntut untuk memberikan respons dan oleh karena itu kita harus terus berubah. Berubah yang baik adalah berubah karena kita belajar,” ucap Sri Mulyani dalam acara Townhall Meeting Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kemenkeu, seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Jumat (12/5/23).

Sri Mulyani menanggapi isu terkait ketegangan geopolitik, pandemi, perubahan iklim, serta perkembangan teknologi digital yang sangat cepat. Salah satunya adalah perkembangan artificial intelligence.

Baca Juga: Peringati Hari Kartini, Sri Mulyani: Perempuan Harus Miliki Pendidikan

Untuk itu, ia meminta pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar, tidak mudah menyerah, dan selalu ikhlas dalam setiap tugas dalam menghadapi berbagai tantangan.

Khusus untuk Indonesia, tantangan terbesar terkait pemerataan di segala aspek terutama celah infrastruktur yang masih sangat besar dikarenakan wilayah Indonesia sangat luas dan berpulau-pulau.

Sri Muyani pun mengimbau seluruh jajaran DJA agar mampu menjadi inspirator dan dinamisator yang baik dalam mengelola anggaran. Kemudian, terus mengembangkan kompetensi diri, berfikir strategis, profesional, bergairah dalam bekerja, serta terus berinovasi dan kreatif dalam menghadapi dinamika perekonomian global yang semakin kompleks.

“Jadilah DJA yang bisa saya andalkan supaya kalian menjadi salah satu solusi terbaik bagi bangsa Indonesia,” tegasnya. (antara/hm20)

Related Articles

Latest Articles