24.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Pemko Siantar Siapkan Jalur Alternatif Antisipasi Macet Selama Mudik Idul Fitri

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menyiapkan skema jalur alternatif yang bisa dilalui pengendara khususnya pemudik untuk mengantisipasi kemacetan jelang dan pasca libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Agresa Affandi mengatakan, tindakan ini diambil lantaran selalu terjadi lonjakan volume kendaraan di Kota Pematangsiantar, sebagai daerah perlintasan menuju kabupaten/kota lain di Sumatera Utara (Sumut).

Lokasi yang kerap mengalami kemacetan di antaranya, Jalan Medan Simpang Rambung Merah, Kecamatan Siantar Martoba,Jalan Siantar-Parapat Simpang Dua, Kecamatan Siantar Simarimbun.

Baca juga: Memasuki Puncak Arus Mudik, Lalu Lintas di Siantar Terpantau Ramai Lancar

“Ada beberapa titik kemacetan yang selalu terjadi di sepanjang ruas jalan, terkhusus pintu masuk ke luar kota pematangsiantar,” jelas Agresa Affandi kepada Mistar, Selasa (9/4/24).

Agresa mengatakan, Dishub Pematangsiantar telah menyiapkan beberapa jalur dan langkah antisipatif guna meminimalkan dampak kemacetan.

“Dilakukan pengalihan kendaraan melalui Jalan Bahkora II – Jalan Manunggal Karya, Kecamatan Siantar Marihat, yang akan tembus ke daerah Parapat atau Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, kalau datang dari arah Kota Medan,” rincinya.

Sementara itu, untuk pengendara yang datang dari arah Parapat atau Saribu Dolok, Kabupaten Simalungun, yang menuju Kota Pematangsiantar, melalui jalur alternatif Ring Road.

“Sudah kita buat dari sana jalurnya, tembusnya ke arah Jalan Sisingamangaraja kawasan Rindam I/BB,” katanya.

Nicolas, salah seorang pemudik asal Parapat menyarankan pemudik lain terutama dari Kota Medan yang hendak melintasi Kota Pematangsiantar agar mengambil jalur dari arah Terminal Tanjung Pinggir.

Baca juga: H-1 Lebaran, Harga Cabai dan Bawang Stabil di Pasar Dwikora Siantar

“Keluar Tol Sinaksak, Jalan Medan ambil jalur menuju Tanjung Pinggir. Lalu masuk ke Jalan Tuan Rondahaim – Jalan Pdt J Wismar Saragih – Jalan Sisingamangaraja, tembus ke Simpang Dua, biar cepat,” katanya, saat ditemui istirahat makan siang di seputaran Kota Pematangsiantar.

Terpisah, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno, menambahkan pihaknya telah menyiapkan 304 personel yang akan ditempatkan pada Operasi Ketupat Toba 2024.

“Juga ada Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) yang berfungsi selain memastikan keamanan bagi pengendara, termasuk juga untuk mengatur arus lalu lintas,” katanya. (Jonatan/hm22)

Related Articles

Latest Articles