26 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Peringati Hari Pangan Sedunia, Bapanas Kembali Gelar GPM

Medan, MISTAR.ID

Memperingati Hari Pangan Sedunia tahun 2023, Badan Pangan Nasional (Bapanas) bekerja sama dengan seluruh pemerintah daerah di Indonesia kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di 411 titik. Salah satunya di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Untuk Provinsi Sumatera Utara, GPM digelar di halaman kantor Bidang Ketahanan Pangan (Ketapang) Dinas Ketapang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), Jalan AH Nasution, Kota Medan.

Sekretaris Dinas Ketapang TPH Sumut, Lusyantini, berharap, masyarakat bisa memanfaatkan GPM untuk meminimalisir pengeluaran keluarga.

Baca Juga: Founder Hospitality Tourism Indonesia: Pelaku Usaha Pariwisata Dituntut Mampu Jadi ‘Parhobas’

“Belanja sesuai kebutuhan agar semua pengunjung yang datang bisa ke bagian bahan pangan murah ini,” katanya, Senin (16/10/23).

GPM ini hanya digelar satu hari saja. Selain komoditas seperti cabai merah, bawang merah, tomat dan lainnya, ada juga bahan pangan yang bekerjasama dengan Bulog Sumut.

Di stan Bulog yang memajang beras berlabel Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Lusyantini bersama Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut, Arif Mandu dan yang lainnya kembali menyinggung seputar beras plastik dalam kemasan beras berlabel SPHP yang sempat viral di media sosial.

“Sampel beras yang dicurigai sudah kita kirim ke laboratorium di Bogor dan tim masih menunggu hasil pengujiannya,” jabar Arif.

Ia juga menegaskan, beras SPHP tidak berbahan plastik atau sintetis. Beras Bulog program SPHP, sebut Arif, telah melalui serangkaian pemeriksaan sebelum didistribusikan ke masyarakat.

Baca Juga: MK Kabulkan Syarat Pengalaman Kepala Daerah, Gibran Berpeluang Jadi Cawapres 2024

“Beras impor dari Vietnam, Thailand, Myanmar, Pakistan dan Kamboja itu telah diperiksa pihak Balai Karantina Pertanian dan PT Sucofindo, termasuk laboratorium milik Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan,” ungkapnya.

Pelaksana dari Bid Ketapang, Dinas Ketapang TPH Sumut, Seri Ukur Sembiring menyatakan, sejumlah institusi pangan dan stakeholder ikut meramaikan kegiatan GPM.

Beberapa di antaranya seperti, Bulog Divisi Regional I Medan, Rajawali Nusantara Indonesia, dan binaan Bank Indonesia Medan.

“Harga bahan pangan yang dijual di setiap stan dipastikan lebih murah dari harga pasaran,” pungkasnya. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles