14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Diskusi Bocor ke Publik, Xi Jinping Ceramahi PM Trudeau

Denpasar, MISTAR.ID

Di momen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping nampak menceramahi Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Ada apa sebenarnya?

Dilansir CNN, Kamis (17/11/22), Xi Jinping tertangkap kamera sedang menegur Trudeau. Si penerjemah Xi Jinping menyebut ada isu ‘diskusi yang bocor ke publik’.

Nampak, tangan Xi Jinping sedikit naik sampai ke perut atas, namun dalam posisi terbuka. Kadang tangannya naik sampai ke dada dalam gestur seperti menekankan apa yang disampaikannya. Pandangan Xi Jinping menatap langsung ke Trudeau. Xi Jinping terus berbicara dengan nada menceramahi Trudeau.

Baca Juga:AS Khawatir Hubungan China-Rusia Makin Dalam Setelah Xi Jinping-Putin Bertemu

“Semua yang kita diskusikan telah bocor ke dokumen dan itu tidak pantas,” kata penerjemah Xi Jinping.

“Dan itu bukanlah cara pembicaraan dilakukan,” kata penerjemah Xi Jinping.

Sikap tubuh Trudeau terlihat berdiri tegak dengan mata memperhatikan Xi Jinping. Sesekali, Trudeau terlihat mengangguk. Xi masih terus berbicara.

Baca Juga:Hari Ini Tiba di Bali, Joe Biden Ingin Ketemu Xi Jinping

“Jika ada ketulusan di pihakmu, maka kita akan menggelar pembicaraan dengan sikap saling menghormati, bila sebaliknya maka bisa ada konsekuensi yang tidak bisa diprediksi,” kata Xi ke Trudeau via penerjemah, namun penerjemah hanya menerjemahkan, “Bila ada ketulusan di pihakmu.”

Pembicaraan ini dilakukan sambil berdiri, di belakangnya ada latar belakang gambar G20 dan bendera berbagai negara. Setelah Xi selesai berbicara, Trudeau mengucap tanggapannya.

“Di Kanada, kita percaya terhadap dialog yang bebas dan terbuka. Kita akan melanjutkan kerja bersama yang konstruktif, namun bakal ada hal-hal yang kita tidak bisa setujui,” kata Trudeau.

Baca Juga:Presiden Xi Jinping Ajak AS Akrab dengan China

“Mari kita ciptakan kondisinya dulu,” kata penerjemah Xi.

Di akhir pembicaraan, Xi menjabat tangan Trudeau dan mereka berdua pergi ke arah masing-masing. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles