24.6 C
New York
Saturday, June 22, 2024

LPj Pelaksanaan APBD Kota Medan 2023, PKS Soroti SiLPA Hingga Realisasi Pokir

Medan, MISTAR.ID

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Kota Medan menyoroti sejumlah permasalahan terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2023. Selain SiLPA, pembangunan kolam retensi dan belanja bansos, Fraksi PKS juga menyinggung penurunan pendapatan BLUD, penurunan terhadap pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah, rendahnya realisasi anggaran tahun 2023 pada belanja jalan, irigasi dan jaringan, peningkatan PAD melalui PUD Pembangunan Kota Medan, serta realisasi Pokir.

“Fraksi PKS mengapresiasi Pemerintah Kota Medan terkait dana SiLPA yang sangat jauh berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujar Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Medan, Syaiful Ramadhan saat menyampaikan Pandangan Umum dalam rapat paripurna di gedung dewan, Selasa (4/6/24).

Dikatakannya, berdasarkan laporan keuangan Anggaran Tahun 2023, dana SiLPA APBD Kota Medan sebesar Rp68,680 miliar. “Fraksi PKS mempertanyakan kepada Pemerintah Kota Medan, apa yang menjadi langkah dan konsentrasi Pemko Medan dalam menurunkan Dana SiLPA dari tahun-tahun sebelumnya. Mohon penjelasannya,” ucapnya.

Yang kedua, kata Syaiful, F-PKS juga mempertanyakan terkait pengerjaan kolam retensi USU yang sampai saat ini belum selesai, padahal ditargetkan selesai di tahun anggaran 2023 lalu.

Baca Juga : DPRD Medan Gelar Rapat Paripurna Tata Cara Penyusunan Propemperda

Kemudian, F-PKS mempertanyakan terkait Belanja Bantuan Sosial yang terealisasi Rp72,337 miliar (85,92%), pihaknya melihat di lapangan masih banyak yang belum menerima bantuan tersebut.

“Mengapa realisasi belanja bantuan sosial ini belum optimal, apa yang menjadi kendala? Mohon penjelasannya,” ungkapnya.

Hal lainnya yakni laporan keuangan adanya penurunan pendapatan BLUD pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu pada tahun 2023 realisasinya 79,745 Miliar, sedangkan pada tahun 2022 realisasinya 83,030 Miliar.

“Apa yang menjadi penyebab penurunan pendapatan BLUD ini dan bagaimana proyeksi selanjutnya untuk meningkatkan pendapatan BLUD? Mohon penjelasannya,” sebutnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles