14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BMKG: Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hingga Malam Hari

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprediksi sebagian besar wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diguyur hujan sejak pagi hingga malam hari pada Minggu (5/2/24).

“Siang hari hujan dengan intensitas ringan berpotensi turun di wilayah Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Mandailing Natal dan sekitarnya,” ucap Prakirawan, Lestari Irene Purba, Sabtu (3/2/24).

Sementara pada malam hari, kata Irene, hujan berpotensi turun di meluas ke wilayah Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Sumut Masa Transisi dari Musim Hujan ke Kemarau

“Pada dini hari hujan meluas ke wilayah Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, P. Sidempuan, Padang Lawas dan sekitarnya. Sementara pagi hari kondisi diprediksi berawan,” katanya.

Dijelaskannya, tidak ada titik panas di Sumut. Untuk Suhu Udara :16–33.0 °C dengan Kelembaban Udara : 60-96 persen dan Angin berhembus dari arah Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam.

“Kami imbau masyarakat waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Pantai barat hingga lereng barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor dan bencana hidrometeorologis lainnya,” pungkasnya. (Rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles