6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BMKG: Sumut Masa Transisi dari Musim Hujan ke Kemarau

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah Sumatera Utara (Sumut) tengah masa peralihan atau transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

Hal itu disebutkan Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita, saat dikonfirmasi Mistar melalui sambungan seluler, Kamis (1/2/24).

“Dasarian pertama pada bulan Januari 2024 masih musim hujan. Jadi statusnya masih musim hujan, bisa juga dibilang musim peralihan menuju ke kemarau,” sebutnya.

Baca juga : BMKG Imbau Masyarakat Tampung Air Hujan Sebelum Masuk Musim Kemarau

Endah menjelaskan bahwa saat ini curah hujan di sejumlah wilayah yang ada di Sumut berada di bawah 50 mm.

“Curah Hujan di bawah 50 mm sudah bisa dikatakan suatu wilayah memasuki musim kemarau. Untuk di Kota Medan sendiri saat ini pada dasarian ini sudah menuju ke masa peralihan ke musim kemarau,” jelasnya.

Baca juga : Besok, Hujan Berpotensi Guyur Kota Medan Siang hingga Malam Hari

Ia menambahkan untuk kepastian kapan wilayah Sumut secara keseluruhan memasuki musim kemarau akan disampaikan di pertengahan Februari 2024 mendatang.

“Cuma pastinya menunggu rapat prakiraan musim di pertengahan Februari nanti. Namun, beberapa zoom memang sudah di bawah 50 mm di dasarian II kemarin,” ujar Endah.

BMKG memprediksi hingga 3 hari ke depan seluruh wilayah Sumut akan cerah berawan pada pagi hari. Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan jarang terjadi di Sumut. (deddy/hm18)

Related Articles

Latest Articles