13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

UPTD BLK Humbahas Lepas 16 Tenaga Pengolahan Hasil Pertanian Terampil

Humbahas, MISTAR.ID

Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Dinas Koperasi Perdagangan dan Tenaga Kerja (Kopenaker) Humbang Hasundutan (Humbahas) melepas 16 tenaga terampil pengolahan hasil pertanian yaitu terampil membuat kue dan roti. Pelepasan dilakukan di aula Diskopenaker, Bukit Inspirasi Doloksanggul, Senin (1/4/24).

Kepala UPTD BLK, Hariandi H Sitanggang mengatakan, pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja, serta mendongkrak kemampuan untuk memahami dan mengimplementasikan kompetensinya dan meningkatkan kualitas dan produktivitas angkatan kerja.

“Pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan teknologi pengolahan hasil pertanian program pembuatan roti dan kue selesai dilaksanakan selama 18 hari dan menempuh 140 jam pelajaran, dilaksanakan di workshop UPTD BLK Humbahas Diskopenaker,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Humbahas Buka Gerakan Pangan Murah

Disebutkan, peserta dinyatakan lulus dan bersertifikat pelatihan. Sementara instruktur untuk pelatihan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPSK) Pelita dengan pengajar softskill 2 orang dari perbankan dan pengusaha.

“Metoda yang digunakan dalam pelatihan ini mulai dari teori, praktek hingga proses produksi. Bahkan diskusi dan tanya jawab serta evaluasi juga kerap dilakukan,” ungkapnya.

Hariandi menegaskan, berdasarkan hasil evaluasi instruktur dan tim penyelenggara, peserta pelatihan telah mampu mengimplementasikan kompetensinya dari bidang pembuatan roti.

Baca Juga : Polres Humbahas Penyuluhan Cegah Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Pelajar

Sanggul Lamsihar Lumbantoruan, instruktur pelatihan berpesan agar ilmu yang didapat peserta bisa diimplementasi ke depannya. “Jadikan pengetahuan yang didapat selama pelatihan sebagai modal keahlian untuk membuka usaha dikemudian hari,” ucapnya.

Kadis Kopenaker, Nurliza E Pasaribu menambahkan, usai pelatihan peserta diharap dapat mengimplementasikan pengetahuan selama ini di tengah masyarakat. “Pengetahuan yang didapat selama pelatihan harus terus diuji dan diterapkan. Jangan sia-siakan pengetahuan yang didapat. Silahkan mulai dari usaha kecil hingga menjadi usahawan yang sukses,” pungkasnya. (sutrisno/hm24)

 

Related Articles

Latest Articles