7.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Calon Jemaah Haji Labusel Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan

Labusel, MISTAR.ID

Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengikuti pemeriksaan kesehatan (Rikes) di RSUD Kotapinang, Jumat (19/1/24). Direktur RSUD Kotapinang dr Ridwan Ritonga mengatakan, tahun 2024 ini ada 250 orang jemaah Haji Kabupaten Labusel yang masuk daftar berangkat.

Ridwan melanjutkan, karena tahun ini istithaah kesehatan menjadi persyaratan pelunasan biaya dan pemberangkatan haji, maka jemaah Haji harus dinyatakan lolos pemeriksaan kesehatan hingga tahap kedua.

“Pemeriksaan kesehatan kedua ini menjadi penentu status istithaah seorang jemaah dalam melakukan ibadah Haji,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kesesatan Lasbusel dr Bakti Suhendri Nasution menambahkan, seluruh biaya pemeriksaan kesehatan calon jamaah Haji gratis ditanggung oleh Pemkab Labusel.

Baca Juga : 3 Jemaah Haji Asal Sumut yang Sakit Masih Dirawat di Tanah Suci

dr Bakti mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan nanti akan diketahui riwayat penyakit calon jemaah Haji. Jika sudah dinyatakan memenuhi istithaah kesehatan, seorang jamaah bisa melakukan pelunasan pembayaran perjalanan ibadah haji dengan batas waktu yang ditentukan.

Dia berharap pemeriksaan kesehatan berjalan lancar dan calon jemaah haji Labusel bisa berangkat semua. Diketahui, calon jemaah Haji Kabupaten Labusel yang masuk alokasi kuota tahun 1445 H/2024 M berjumlah 250 orang. Jumlah itu terdiri dari 113 laki-laki dan 13perempuan 136 orang. Ditambah 99 orang cadangan calon haji siap berangkat, laki-laki 52 orang dan 47 orang perempuan. (oel/hm24)

Related Articles

Latest Articles