11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

1.092 Anggota KPPS di Kecamatan Pantai Labu Resmi Dilantik

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sebanyak 1.092 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Pantai Labu resmi dilantik, Kamis (25/1/24). Prosesi pelantikan berlangsung pada masing-masing desa secara serentak dilantik oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) di 19 desa yang ada di Kecamatan Pantai Labu.

Hal ini dikatakan anggota PPK Pantai Labu Divisi SDM dan Parmas, Febri Ikhsanul Siregar di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, ketika sedang monitoring. “1.092 KPPS yang dilantik nantinya akan bertugas di 156 TPS di seluruh wilayah Kecamatan Pantai Labu,” katanya.

Disebutkan, tahapan perekrutan KPPS dimulai pada tanggal 11 Desember 2022 hingga ditetapkan 24 Januari 2024 dan dilantik tanggal 25 Januari 2024.

“Tahapan perekrutan yang dilakukan PPS sudah sesuai dengan PKPU No 8 Tahun 2022 tentang tata kerja Badan Adhoc dan Keputusan KPU No 1669 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc. Bahwasannya PPS telah memastikan para KPPS nya memenuhi berbagai persyaratan yang tercantum di dalam regulasi tersebut,” ungkap Febri.

Baca Juga : Usai Dilantik, 42.861 Petugas KPPS Deli Serdang Tanam Bibit Pohon

Dia berharap semoga ke depan pihaknya bersama KPPS bisa bersama-sama menjalankan tugas yang diamanahkan KPU untuk menyukseskan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.
“Harapannya KPPS dapat menunaikan tugas, wewenang dan kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Karena teman-teman petugas KPPS inilah ujung tombak demokrasi kita,” ucapnya.

Usai pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan menanam pohon secara serentak. Sesuai dengan instruksi KPU, masing-masing KPPS diimbau untuk membawa bibit pohon untuk ditanam.

Disebutkan Ikhsan , penanaman bibit pohon memiliki makna filosofis tersendiri di momen Pemilu 2024 ini. Yakni sebagai bentuk penggantian pohon-pohon yang telah ditebang untuk pengadaan kertas surat suara dan logistik.

“Kertas-kertas dari pohon itulah yang telah dipergunakan untuk keperluan logistik Pemilu serentak 2024,” sebutnya.

Setelah pelantikan para anggota KPPS itu akan segera melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) dari tanggal 26 hingga 29 Januari 2024. Bimtek KPPS akan dilaksanakan selama 3 hari di Pantai Cermin Theme Park dengan fasilitator PPK dan PPS setempat. (sembiring/hm24)

Related Articles

Latest Articles