9.8 C
New York
Monday, October 28, 2024

Perkuat Swasembada Pangan, Pemko Medan Terus Tingkatkan Koordinasi

Medan, MISTAR.ID

Menindaklanjuti pidato Presiden Prabowo yang menyebutkan ia akan fokus pada program swasembada pangan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Medan, Gelora Ginting mengaku siap mengikuti arahan pemerintah pusat.

“Pasti akan kita jalankan dan sukseskan. Artinya, kedepan fokus pemerintah adalah di bidang pertanian,” ucap Gelora saat dikonfirmasi mistar.id, Kamis (24/10/24).

Dikatakan Gelora, meski Kota Medan bukan daerah penghasil bahan pangan, Pemko Medan akan terus melakukan kolaborasi dengan daerah penghasil lainnya yang ada di Sumatera Utara (Sumut).

“Sebenarnya dari beberapa waktu lalu kita sudah melakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD). Namun dengan adanya instruksi dari Bapak Presiden, tentu akan semakin kita kuatkan,” katanya.

Baca juga: Dinas Ketapang Sumut Sambut Baik Program Prabowo Prioritaskan Swasembada Pangan

Adapun dalam waktu dekat, Gelora mengaku bahwa bantuan berupa benih padi dan jagung akan turun dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk petani di Kota Medan.

“Total bantuan yang turun nanti 3,5 ton benih padi dan 2 ton benih jagung. Rencananya bantuan itu untuk memenuhi 300 hektar padi dan 200 hektar jagung. Saat ini untuk datanya sudah ada, jadi tinggal menunggu bantuannya turun dan langsung kita bagikan ke petani. Kemungkinan akan turun di awal bulan November 2024,” jelasnya.

Untuk saat ini, Gelora menyebut bahwa stok bahan pangan di Kota Medan masih aman.

“Kita terus melakukan pantauan di lapangan, dan saat ini stok masih aman,” pungkasnya. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles