14.4 C
New York
Friday, October 4, 2024

Indonesia dan Arab Saudi Kerja Sama Lakukan Misi Bedah Jantung

Medan, MISTAR.ID

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia terus memperkuat hubungan dalam bidang kesehatan sekaligus dalam program misi bedah jantung tahap keempat dalam telekonferensi melalui Zoom Meeting.

Misi tahap keempat dalam operasi bedah jantung pasien dewasa, kembali dilanjutkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan dan tim medis King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KS Relief) dari Arab Saudi.

Ditjen Yankes, dr Azhar Jaya mengatakan jika kegiatan pada hari ini merupakan bukti nyata kerja sama yang kuat antara kedua negara di bidang kesehatan.

Baca juga:RSUP H Adam Malik Medan Rencanakan Misi Keempat Bedah Jantung Dewasa

“Saya sangat mengapresiasi kelancaran kerja sama internasional yang telah terjalin sebanyak empat kali dalam tahun ini. Kerja sama ini  khususnya dalam upaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya melalui sambungan zoom, Jumat (4/10/24).

Ditjen Yankes turut mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada KS Relief dan Kerajaan Arab Saudi atas bantuan kemanusiaan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Selain kolaborasi kedua negara, diharapkan kegiatan ini menjadi transfer knowledge antara tim KS Relief ke RSUP H Adam Malik. “Sehingga mereka dapat menangani kasus-kasus kompleks secara mandiri di masa depan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap kerjasama ini dapat diperluas ke daerah lainnya dan berlanjut pada bidang layanan kesehatan lainnya di masa depan.

Baca juga:Wamenkes dan Dubes Arab Saudi Apresiasi Misi Bedah Jantung di RS Adam Malik

“Kami harap misi ini dapat diperluas ke rumah sakit di daerah lain, seperti Padang, Makassar, Malang, dan lainnya. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi turut senang dan bangga atas keberhasilan dalam kegiatan bedah jantung keempat kalinya di RSUP H Adam Malik Medan.

“Tentunya terima kasih dan apresiasi yang tinggi juga kami sampaikan kepada Menteri Kesehatan RI beserta staf atas dukungannya untuk kesuksesan kegiatan ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Faisal Abdullah menegaskan bahwa Duta Arab Saudi senantiasa memberikan dukungan dan kerjasama kedepannya.

Baca juga:RSUP Adam Malik Selesaikan Misi Bedah Jantung Tahap III Bersama KSRelief 

“Kami akan berikan bantuan dan bekerja sama, demi masyarakat yang mengalami masalah jantung dan kami akan selalu mendukung berkaitan dengan kegiatan ini,” tegasnya.

Terpisah, Direktur Utama (Dirut) RSUP H Adam Malik, dr Zainal Safri juga berharap dalam misi lanjutan bedah jantung pasien dewasa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap misi ini bermanfaat bagi seluruh pasien. Saya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada, KS Relief dan seluruh anggota tim dalam transfer knowledge dan skill bagi tim kami, di pusat jantung RSUP H Adam Malik,” pungkasnya.

Sebelumnya, RSUP H Adam Malik dan KS Relief sudah melakukan misi keempat bedah jantung pada, Selasa (1/10/24) dan berlanjut hingga Senin (7/10/24) dengan target 15 pasien dewasa. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles